KSAL Jajaki Kerja Sama Pelatihan Penyelam TNI AL dengan US Navy di Amerika

Senin, 04 April 2022 - 07:04 WIB
loading...
KSAL Jajaki Kerja Sama Pelatihan Penyelam TNI AL dengan US Navy di Amerika
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan pertemuan dengan US Secretary of the Navy (US SECNAV) Carlos Del Toro di Washington DC, Kamis (30/3/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan pertemuan dengan US Secretary of the Navy (US SECNAV) Carlos Del Toro di Washington DC, Kamis (30/3/2022). Dalam pertemuan, beberapa upaya penguatan kerja sama Angkatan Laut kedua negara dibahas.

Salah satunya yakni tentang pendidikan. Di mana, ada kemungkinan penerimaan untuk perwira siswa TNI AL baik di tingkat Naval Staff College (NSC) dan Naval Command College (NCC) di Rhode Island, maupun pendidikan setingkat Lemhanas di National Defense University (NDU) di Wahington DC ditambah.

"Selain itu dibicarakan juga agar pihak US Navy membuka kesempatan mengikuti pendidikan atau kursus bagi penyelam TNI AL dan kursus Tactical Air Control Party bagi penerbang TNI AL di AS," tulis Dispenal dalam keterangan yang diterima, Minggu (3/4/2022).



Lebih lanjut disampaikan Dispenal, Laksamana Yudo berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama strategis dengan pihak Amerika Serikat. Terutama di bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional.

"Di antaranya latihan bersama Korps Marinir TNI AL dengan USMC, dengan mengirimkan personel yang berpengalaman dalam operasi. Sehingga personel Korps Marinir TNI AL dapat menerima manfaat yang besar dalam latihan tersebut," jelasnya.

Di akhir pertemuan, kata Dispenal, Carlos Del Toro mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah mengirimkan beberapa personel, terutama perwira untuk terlibat dalam latihan dan pendidikan di Amerika. Baca juga: 2 Prajurit Marinir Gugur, KSAL Perintahkan Kibarkan Bendera Merah Putih Setengah Tiang

"Hal ini merupakan bentuk upaya kerja sama strategis pada pembinaan capacity building," jelasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3063 seconds (0.1#10.140)