Kunjungi US SECNAV, KSAL Siap Tingkatkan Kerja Sama Strategis dengan Amerika

Minggu, 03 April 2022 - 22:01 WIB
loading...
Kunjungi US SECNAV, KSAL Siap Tingkatkan Kerja Sama Strategis dengan Amerika
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melakukan pertemuan dengan US Secretary of the Navy (US SECNAV) Carlos Del Toro di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (30/3/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL ) Laksamana TNI Yudo Margono melakukan pertemuan dengan US Secretary of the Navy (US SECNAV) Carlos Del Toro di Washington DC, Amerika Serikat , Kamis (30/3/2022). Dalam pertemuan itu, KSAL menyatakan TNI AL akan terus melanjutkan dan meningkatkan kerja sama strategis dengan Amerika sesuai yang telah disepakati.

"Terutama bidang pembangunan SDM yang profesional, baik latihan bersama di antaranya latihan bersama Korps Marinir TNI AL dengan USMC," kata Yudo dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (3/4/2022). "Dengan mengirimkan personel yang berpengalaman dalam operasi, sehingga personel Korps Marinir TNI AL dapat menerima manfaat yang besar dalam latihan tersebut," sambungnya.

Yudo menjelaskan, di bidang pendidikan, kemungkinan akan ada penambahan jumlah penerimaan untuk perwira siswa TNI AL, baik di tingkat Naval Staff College (NSC) dan Naval Command College (NCC) di Rhode Island.



Hal ini serupa dengan pendidikan setingkat Lemhanas di National Defense University (NDU) di Wahington DC. US Navy akan membuka kesempatan mengikuti pendidikan bagi penyelam TNI AL dan kursus Tactical Air Control Party bagi penerbang TNI AL di AS.

Sementara itu, Carlos Del Toro menyampaikan, hubungan yang terjalin selama ini, Indonesia sebagai mitra strategis bidang pertahanan kemaritiman. Indonesia juga menjadi negara yang konsisten dalam menjaga stabilitas di kawasan, serta tetap ingin melanjutkan kerja sama bidang pendidikan, latihan, serta teknologi.

"Terima kasih kepada Indonesia karena telah mengirimkan beberapa personel, utamanya perwira untuk terlibat dalam latihan dan pendidikan di AS. Hal ini merupakan bentuk upaya kerja sama strategis pada pembinaan capacity building," katanya.

Baca juga: Laksamana TNI Yudo Margono Temui KSAL Amerika Bahas Keamanan Regional dan Global
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)