Survei: Erick Thohir Tetap Masuk Capres atau Cawapres Potensial

Minggu, 03 April 2022 - 14:20 WIB
loading...
Survei: Erick Thohir Tetap Masuk Capres atau Cawapres Potensial
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tetap masuk sebagai calon presiden ( capres ) atau calon wakil presiden (cawapres) potensial. Hal tersebut berdasarkan simulasi sejumlah nama dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, kontestasi menuju 2024 saat ini semakin dinamis. Banyak perubahan dan kemunculan nama-nama baru menjelang pesta demokrasi.

Dia menuturkan ada yang menarik dari pergerakan Erick Thohir. Kata Burhanuddin, Erick Thohir punya kans besar masuk dalam bursa capres atau cawapres.





“Dari simulasi sejumlah nama, Erick Thohir selalu masuk sebagai pilihan masyarakat baik itu sebagai calon presiden atau wakil presiden,” ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Trust terhadap Institusi Politik, Isu-Isu Mutakhir, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu Serentak 2024’ secara virtual di Jakarta, Minggu (3/4/2022).

Misalnya, elektabilitas Erick Thohir berada di angka 1,3 persen dari simulasi 19 nama. Angkanya semakin meningkat menjadi 2,4 persen ketika simulasi mengerucut hanya tujuh nama.

Burhanuddin menilai ada peningkatan elektabilitas terhadap Erick Thohir jika dibandingkan Desember 2021. “Pada Desember 2021, dari hasil survei kami, elektabilitas Erick Thohir berada di angka 1,8 persen. Pada Februari 2022, angkanya naik menjadi 2,4 persen,” tuturnya.

Selain itu, nama Erick Thohir juga mampu mendongkrak elektabilitas pasangannya ketika ditempatkan sebagai cawapres. Dari simulasi tiga pasangan, ketika Erick Thohir dipasangkan dengan Ganjar Pranowo berhasil mendapatkan elektabilitas 32,2 persen.

Ada perbedaan signifikan dengan pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani yang hanya mendapatkan 28,7 persen. Sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sekadar 27,4 persen.

Dalam temuan survei itu, Erick Thohir juga mampu mengungguli pasangan lainnya ketika dipasangkan dengan Prabowo Subianto. Dalam simulasi, elektabilitas pasangan Prabowo-Erick mencapai 31 persen.

“Sementara yang lainnya, Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto berada di posisi kedua dengan 29,7 persen. Di tempat terakhir ada Anies-AHY dengan 27,1 persen,” imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa dalam simulasi dua pasangan calon, Erick Thohir juga mampu mendongkrak elektabilitas setiap pasangannya, seperti ketika disandingkan dengan Anies Baswedan. Elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Erick Thohir mencapai 41,1 persen, mengungguli Prabowo-Puan Maharani dengan 38,9 persen.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)