Dukung Propam, DPR Sebut Perlu Langkah Konkret Atasi Bentrokan TNI-Polri

Jum'at, 01 April 2022 - 18:32 WIB
loading...
Dukung Propam, DPR Sebut Perlu Langkah Konkret Atasi Bentrokan TNI-Polri
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR mendukung Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang mengusulkan perlunya penelitian bersama untuk mengetahui serta mengungkap penyebab bentrokan yang kerap terjadi antara anggota TNI-Polri . Menurutnya, perlu adanya strategi pencegahan berupa gabungan pendidikan dasar dan latihan tempur agar bentrokan ini tidak terjadi lagi.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, memang diperlukan langkah-langkah konkret dan terukur demi menciptakan hubungan harmonis antara aparat TNI-Polri.

"Tak bisa dipungkiri, memang kerap kali aparat kita mengalami konflik saat bertugas di lapangan, ya selama ini diperkirakan terjadi karena masalah kesalahpahaman atau ketersinggungan saja. Namun persoalan itu faktanya masih terus terjadi. Karenanya saya sangat mendukung penuh usulan Pak Sambo untuk mengadakan penelitian, dan dicari akar masalahnya apa sih terkait bentrokan ini? Agar kita tahu tindak lanjut seperti apa yang tepat terkait persoalan itu," kata Sahroni kepada wartawan, Jumat (1/4/2022).

Jika dilakukan penelitian yang terarah dan terukur, politikus Partai Nasdem ini mengharapkan agar pihak kepolisian dan TNI bisa menemukan solusi jangka panjang untuk menghindari munculnya potensi-potensi konflik berkepanjangan.

"Selain penelitian, Pak Sambo juga mengusulkan adanya strategi berupa gabungan pendidikan dasar dan latihan tempur. Menurut saya itu menarik sekali, patut dipertimbangkan. Karena itu bagian dari usaha pencegahan dalam mengurangi adanya kemungkinan konflik atau bentrok kembali terjadi," katanya.

Dengan demikian, Sahroni menambahkan, kepercayaan masyarakat terhadap aparat TNI dan Polri kian tinggi. "Dengan begitu tentu kepercayaan masyarakat atas kinerja para aparat kita juga akan meningkat," kata legislator asal Tanjung Priok ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2617 seconds (0.1#10.140)