Sahabat Sejati Saya

Jum'at, 01 April 2022 - 13:41 WIB
loading...
A A A
Mengapa interaksi melalui SNS dengan kawan-kawan di Indonesia dapat berlangsung akrab? Hal ini mungkin disebabkan karena minat kepada generasi muda kedua negara sangat tinggi, dan mereka bekerja bersama dalam membangun masa depan. Pendekatan antara Indonesia dengan 64 juta generasi muda, dan Jepang yang sedang dalam masa penurunan angka kelahiran serta populasi masyarakat menua tentu akan berbeda. Namun, ketertarikan yang tinggi kepada anak muda sebagai pemikul masa depan tidak akan berubah. Sebetulnya, jumlah likes terbanyak yang saya miliki adalah posting-an tentang kelahiran cucu pertama saya, yang omong-omong, memiliki tanggal lahir yang sama dengan Presiden Joko Widodo, dengan perbedaan usia 60 tahun. Selain itu, atlet Pratama Arhan yang pada Februari lalu pindah ke Tokyo Verdy juga membawa harapan bagi generasi muda berusia 20-an. Sebagai sosok yang mendapat perhatian baik dari Jepang dan Indonesia, posting-an tentang Arhan juga banyak mendapat likes. Yang lebih penting lagi, dengan meningkatnya hubungan kepercayaan dan makin mendalamnya kerja sama antara kedua negara selama lebih dari 60 tahun, bukankah juga menjadi alasan untuk saling memikirkan tentang “sahabat sejati”?

Akun SNS saya banyak mengunggah tentang kerja sama antara Jepang dan Indonesia bagi generasi berikutnya, di antaranya mengenai kerja sama bidang maritim, upaya bagi konservasi energi menuju dekarbonisasi dan mobil listrik, serta kemungkinan kerja sama mobil hidrogen di masa mendatang. Melalui SNS, kita membangun hubungan yang terfokus bagi masa depan. Saya yakin hubungan seperti ini adalah bentuk kerja sama antara Jepang dan Indonesia, ah, lebih tepatnya, saya yakin bahwa ini adalah kerja sama yang dapat terjadi karena adanya “sahabat sejati” selama lebih dari 60 tahun antara Jepang dan Indonesia.

Ke depannya, melalui SNS, saya ingin menambah banyak teman dari berbagai kalangan. Mulai dari generasi penerus, seperti cucu pertama saya, yang memiliki cahaya tersembunyi dengan kemampuan tidak terbatas, hingga generasi kini yang sedang bersinar terang seperti Presiden Joko Widodo. Saya ingin terus berupaya membuat kalian semua mengetahui Jepang. Saya berharap rasa kedekatan tentang Jepang yang saya rasakan dari teman-teman Indonesia, dapat membuat konten-konten akun SNS makin dilihat oleh lebih banyak orang, dan hal ini membuat saya membayangkan generasi muda Jepang dan Indonesia memimpin dunia di masa depan.

Ke depannya arus digitalisasi tidak akan berubah, dan bahkan akan makin maju. Di tengah-tengah arus global seperti ini, saya yakin kita akan makin meningkatkan kerja sama dan melanjutkan kemitraan serta membangun hubungan kepercayaan. Saya menunggu para pembaca agar juga menjadi “sahabat sejati” melalui akun SNS.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)