Mutasi TNI, Brigjen Daru Cahyono Ditunjuk Jadi Kabinda Papua

Jum'at, 01 April 2022 - 10:07 WIB
loading...
Mutasi TNI, Brigjen Daru Cahyono Ditunjuk Jadi Kabinda Papua
Jabatan Kabinda Papua yang kosong sepeninggal mendiang Mayjen TNI Abdul Haris akhirnya terisi. Posisi tersebut diisi Brigjen TNI Daru Cahyono. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Jabatan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua yang kosong sepeninggal mendiang Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon akhirnya terisi. Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menunjuk Brigjen TNI Daru Cahyono untuk mengisi posisi tersebut.

Penunjukan Daru tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. SK tertanggal 25 Maret 2022 tersebut diteken langsung oleh Andika Perkasa.

Secara keseluruhan terdapat 113 pati dalam mutasi kali ini. Selain jabatan Kabinda Papua, Panglima antara lain juga mengganti Danjen Kopassus dari Mayjen TNI Widi Prasetijono kepada Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Baca juga: Dimutasi Andika Perkasa, 34 Jenderal Tinggalkan TNI



“Brigjen TNI Daru Cahyono, jabatan lama Agen Madya pada Direktorat Rendalgiat Ops Deputi II Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabinda Papua pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN,” bunyi salinan SK tersebut, dikutip pada Jumat (1/4/2022).

Daru merupakan lulusan Akademi Militer 1987. Kariernya sebagian besar di dunia telik sandi alias intelijen. Daru antara lain pernah menjabat sebagai Kabinda Papua Barat dan Kabinda Lampung. Tugas baru ini akan menjadikannya promosi bintang dua.

Jabatan Kabinda Papua selama ini kosong setelah Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon meninggal dunia di Jayapura pada Senin (14/2/2022). Jenazah dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Dalam rekam jejaknya, Napoleon pernah diberi kepercayaan sebagai Dandim Jayapura 2007-2009 dan Pasintel Korem 172/PWY.

Selain Daru, sejumlah perwira TNI yang bertugas di BIN juga dimutasi oleh Andika. Sebagai contoh, Kolonel Inf Muhammad Alam Ramli yang saat ini bertugas sebagai Kasubdit Separatisme Wilayah Barat pada Direktorat Kontra Separtisme dan Konflik, Deputi Bidang Kontra Intelijen BIN.

Berdasarkan SK mutasi teranyar ini, Ramli dipercaya Panglima untuk menjabat Direktur Kontra Separatisme dan Konflik pada Deputi Bidang Kontra Intelijen BIN. Penunjukan ini menjadi promosi bintang baginya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1886 seconds (11.252#12.26)