Sambut Ramadhan, Arab Saudi Bagikan 7.432 Paket Sembako untuk Indonesia

Rabu, 30 Maret 2022 - 18:57 WIB
loading...
Sambut Ramadhan, Arab Saudi Bagikan 7.432 Paket Sembako untuk Indonesia
Menyambut Ramadhan 1443H, pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui King Salman Humanitarian Aid and Relief Centre membagikan 7.432 paket pangan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui King Salman Humanitarian Aid and Relief Centre membagikan 7.432 paket pangan atau sembako dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1443H.

Nantinya bantuan tersebut akan dibagikan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kepada empat provinsi di Indonesia yaitu Aceh sebanyak 1.512 paket, Banten 2.708 paket, DKI Jakarta 1.512 paket, dan Jawa Barat 1.700 paket.

"Saudara-saudara di Tanah Air biar bisa menikmati Ramadhan secara lebih baik. Sehingga bantuannya dalam bentuk pangan dan mudah-mudahan dapat membantu ketika Ramadhan," kata Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Taqafi saat ditemui di Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi,Jakarta, Rabu,(30/3/2022).



Syekh Essam mengatakan pembagian paket pangan ini merupakan salah satu di antara puluhan project yang telah dilaksanakan pemerintah Saudi Arabia. Baik dalam aspek umat Islam maupun kemanusiaan secara umum dan telah berjalan selama 6 tahun.

Pada awal didirikannya King Salman Humanitarian Aid and Relief Centre, lanjut Syekh Essam memang selalu membantu kaum muslimin di seluruh dunia. Sehingga bantuan pangan tersebut dianggarkan Kerajaan Saudi kepada Indonesia sebesar Rp50 Miliar dari total USD10 miliar.



"Indonesia dipilih karena memang hubungan diplomatik antara Saudi Arabia dan Indonesia baik dari sisi jumlah kaum muslimin juga menjadi prioritas. Sehingga nampaknya ini sangat membantu kaum muslimin untuk memasuki bulan Ramadhan," tutur dia.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS Achmad Sudrajat mengapresiasi atas apa yang dilaksanakan oleh Kerajaan Arab Saudi dalam berbagai aspek termasuk juga pada bantuan makanan pangan. "Bantuan ini sangat bermanfaat kepada para Masakin (orang miskin) pasca Corona terjadi," katanya.

Achmad juga berharap agar kerja sama yang terjalin di antara dua negara Indonesia dan Saudi Arabia dapat berjalan bukan hanya kepada persoalan bantuan pangan. Tetapi juga dalam proses pengelolaan zakat.

Sebagai informasi, bantuan paket pangan dari kerajaan Arab Saudi satu paketnya berisi 20 Kg beras, 2 liter minyak goreng, 3 liter sardens, 3 karton Indomie, 5 Kg terigu, 2 Kg gula pasir, 2 bungkus garam, 1 kecap dan 1 saus. Di mana berat masing-masing paket pangan kurang lebih 41 Kg perpaket.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3902 seconds (0.1#10.140)