Katib Aam PBNU Sebut Pagar Nusa Wahana Persiapkan Generasi NU yang Tangguh

Rabu, 30 Maret 2022 - 15:12 WIB
loading...
Katib Aam PBNU Sebut Pagar Nusa Wahana Persiapkan Generasi NU yang Tangguh
Katib Aam PBNU KH Ahmad Said Asrori mengajak seluruh warga NU yang ingin anaknya pintar pencak silat agar dimasukkan ke Pagar Nusa. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Katib Aam Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Said Asrori mengajak kepada seluruh warga NU yang ingin anaknya pintar pencak silat agar dimasukkan ke Pagar Nusa.

Hal ini disampaikan Kiai Said Asrori saat menyampaikan tausiyah dalam acara penutupan Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Minggu 27 Maret 2022 malam.

"Mengajak kepada Warga NU, orang-orang tua NU, yang ingin anaknya pintar pencak silat, masukkan di Pagar Nusa ini. Saya mengajak kepada warga NU di mana pun berada," ujar Kiai Said Asrori dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).



Menurutnya, Pagar Nusa adalah anak kandung NU yang menjadi wahana untuk mempersiapkan generasi NU yang tangguh dan kuat mempertahankan agama dan negara. "Ini adalah wahana, media untuk mempersiapkan generasi-generasi NU yang tangguh dan kuat mempertahankan ad-din, mempertahankan ad-daulah, mempertahankan kemanusiaan dan kemerdekaan," kata Kiai Said Asrori.

Dia mengatakan pencak silat sebenarnya telah ditanamkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabat, tabiin, ulama, dan sampai kepada Jamiyah NU. Kemudian, NU melahirkan anak yang bernama Pagar Nusa. "Maka, Pagar Nusa adalah anak kandung Jamiyah Nahdlatul Ulama dalam bidang pencak silat. Ini yang harus kita pegang bersama-sama," ujarnya.



Dalam Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa para atlet telah menunjukkan gerakan-gerakan lahiriyah, seperti gerakan halus dan gerakan yang khas. Gerakan-gerakan seperti itu, menurut Kiai Said Asrori, juga harus berpengaruh terhadap gerakan hati. "Tapi, tentu semuanya di dalam rangka memperjuangkan ahlussunnah wal jamaah, dalam rangka memperjuangkan Islam rahmatan lil alamin, dalam rangka menjaga keberlangsungan NU. Ini yang harus kita pegang untuk kita semua," katanya.

Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa NU ini ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua Umum PBNU Nusron Wahid dengan memukul gong sebanyak sembilan kali. "Dengan mengucapkan alhamdulillah marilah kita sama-sama tutup Kejurnas dan Festival ini, alhamdulillahirabbil alamin, Al-fatihah," ucap Nusron mewakili Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Dengan adanya Kejurnas dan Festival IV, Nusron yakin Pagar Nusa telah bangkit menjadi kekuatan organisasi pencak silat yang profesional di Indonesia, bahkan internasional. "Dengan adanya Kejurnas ini menandakan ada kaderisasi yang sistematis," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)