Eks Komisioner KPU Ferry Kurnia Jadi Waketum Perindo, Pengamat: Energi Positif bagi Partai

Selasa, 29 Maret 2022 - 13:46 WIB
loading...
Eks Komisioner KPU Ferry Kurnia Jadi Waketum Perindo, Pengamat: Energi Positif bagi Partai
Eks Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah ditunjuk menjadi Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Perindo. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo resmi menunjuk Doktor Ferry Kurnia Rizkiyansyah sebagai Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Perindo pada Jumat (25/3/2022). Didapuknya Ferry menjadi Waketum dinilai merupakan langkah tepat dan modal besar bagi Partai Perindo menuju Senayan dalam menghadapi pertarungan Pemilu 2024.

"Penunjukan Ferry Kurnia Rizkiyansyah sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Perindo sudah tepat," kata Pengamat Politik Citra Institute Yusa' Farchan di Jakarta, Sabtu (26/3/2022).

Menurutnya, dalam sistem kepartaian yang kompetitif, Partai Perindo membutuhkan orang-orang yang memiliki kapasitas dan kompetensi memadai. "Pengalaman Kang Ferry sebagai mantan Komisioner KPU saya kira akan menjadi modal besar Partai Perindo, terutama dalam menguasai medan pertarungan pemilu yang kompetitif," ungkap Dosen FISIP Uhamka Jakarta ini.





Dia menuturkan saat ini ada dua tantangan besar dan problematika mendasar partai politik. Pertama, problematika parpol sebagai institusi yang menjadi pilar utama sistem demokrasi perwakilan.

Kedua, problematika sistem kepartaian terkait dengan kapasitas parpol dalam mendukung kinerja sistem demokrasi presidensial. "Nah orang-orang seperti Ferry, saya kira sangat dibutuhkan dalam membangun ekosistem kepartaian, terutama dalam menunjang dan menghadirkan kepemimpinan institusional-demokratis," tegas Yusa'.

Energi Positif bagi Partai Perindo

Dia memberikan catatan bahwa kehadiran parpol tidak otomatis menghadirkan sistem yang demokratis pula. Hanya parpol yang melembaga atau terinstitusionalisasi di dalam sistem kepartaian yang kompetitif yang bisa menghadirkan sistem demokrasi yang sehat dan terkonsolidasi.

"Penunjukan Ferry saya kira bisa menjadi energi positif bagi Partai Perindo, salah satunya bagaimana menghadirkan model rekrutmen kepemimpinan politik yang transparan, akuntabel, dan demokratis melalui gagasan Konvensi Rakyat yang saat ini sedang dilakukan," bebernya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2682 seconds (0.1#10.140)