Ganjar Pamer Program 5Ng, Angka Stunting di Jateng Paling Rendah se-Nasional

Senin, 28 Maret 2022 - 18:03 WIB
loading...
Ganjar Pamer Program 5Ng, Angka Stunting di Jateng Paling Rendah se-Nasional
Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengatakan, sinergi dan kesadaran yang selama ini terjalin dari pemerintah mulai dari pusat hingga ke daerah menuai hasil yang bagus. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Perhelatan Summit Kota Sehat Indonesia ke-5 dengan tema 'Healthy Cities For All' tahun 2022 kembali digelar. Kali ini, Semarang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Ganjar
Baca juga: Gunakan Aplikasi, Sahabat Ganjar Bagikan Sembako

"Ini bagus sekali. Jadi membangun kesadaran bersama merespon persoalan kesehatan secara nasional, melalui aksi dari para bupati dan wali kota. Antusiasmenya luar biasa," ujar Ganjar dari Hotel Patra Semarang, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Candisari, Semarang, Senin (28/3/2022).



Menyinggung permasalahan stunting nasional, Ganjar menjelaskan, Provinsi Jateng sempat tinggi kasusnya, dikarenakan ganasnya virus Covid-19 varian Delta.

"Kemarin ada yang tanya, kenapa ya angka kematian ibu di Jawa Tengah meningkat? Bukan karena ibunya, ibunya kena Covid dan Covidnya itu Delta kemarin yang memang sangar betul," kata Ganjar.

Menjawab persoalan itu, Ganjar menuturkan, pihaknya telah berupaya menurunkan kasus stunting di Jateng melalui program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng). Hasilnya, angka stunting di Jateng terjun bebas.

Program 5Ng merupakan kegiatan sistematis dan terpadu untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), dengan memantau pelayanan kesehatan yang optimal.

Berdasarkan data dari BKKBN, diketahui saat ini angka kasus stunting di Provinsi Jawa Tengah, paling rendah dalam skala nasional yakni 20 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)