Gibran Berharap Kejurnas Pagar Nusa Lahirkan Pendekar Tangguh

Sabtu, 26 Maret 2022 - 20:25 WIB
loading...
Gibran Berharap Kejurnas Pagar Nusa Lahirkan Pendekar Tangguh
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi Kejurnas dan Festrival IV Pagar Nusa NU yang digelar di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Festrival IV Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur pada 25-27 Maret 2022. Gibran berharap Kejurnas sesi kedua ini bisa melahirkan pendekar yang tangguh.

“Semoga kejurnas IV Pencak Silat Pagar Nusa sesi dua dapat melahirkan pendekar yang tangguh, berdikari, dan berprestasi, danmelahirkan atlet muda yang bermutu dan berkualitas,” ujar Gibran, Sabtu (26/3/2022).

Gibran menjelaslan, pencak silat sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia dan merupakan seni bela diri warisan ennek moyang harus dilestarikan. Menurut Gibran, Kejurnas Pagar Nusa ini juga bisa mengenalkan pencak silat kepada generasi milenial.



“Kejurnas Pencak Silat Pagar Nusa merupakan sebuah perhelatan yang bagus dalam memberikan awareness pada masyarakat Indonesia, khususnya pada generasi milenial untuk lebih mengenalkan seni bela diri asli dari Indonesia,” ucap putra sulung Presiden Joko Widodo ini.

Karena masih dalam situasi pandemi, Kejurnas IV Pagar Nusa digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Gibran pun turut mengimbau kepada peserta untuk tetap menjaga protokol kesehatan. “Selamat bertanding, jaga sportiifitas, tetap patuh, dan jaga protokol kesehatan. Semoga Allah meridhai apa yang telah kita lakukan dan mengabulkan doa dan harapan kita semua. Sekali lagi, selamat dan sukses untuk Pagar Nusa,” ucapnya.



Kejurnas Pagar Nusa merupakan bagian dari sarana evaluasi pembinaan yang rutin digelar di lingkungan Pagar Nusa. Kejurnas ini diharapkan bisa menghasilkan atlet terbaik, dengan penjurian yang adil dan professional, sehingga akan menghasilkan atlet yang bermutu dan berkualitas.

Setidaknya ada 300 lebih medali yang akan diperebutkan dalam Kejurnas IV Pagar Nusa, yang terdiri dari kategori seni, jurus baku, dan festival. Kejurnas berdasarkan usia terbagi atas pra remaja, remaja, dan dewasa dengan empat kategori yakni perorangan putra, perorangan putri, berpasangan, dan berkelompok.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa NU, Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil menjelaskan, Kejurnas Pagar Nusa tahun ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi daring dan luring. Untuk sesi luring sendiri telah digelar pada 4-6 Maret 2022 lalu.

“Kemudian, yang sesi tanding ini atau fisik ini, alhamdulillah sudah semakin melandai Covid-19 dan kita sudah mendapatkan izin dari Satgas covid-19 untuk menyelenggarakna ini, dan protokol kita sangat ketat,” jelas Gus Nabil.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)