Guru Kian Santang Berharap Pendekar Pagar Nusa Jaga Keutuhan NKRI

Minggu, 20 Maret 2022 - 01:10 WIB
loading...
Guru Kian Santang Berharap Pendekar Pagar Nusa Jaga Keutuhan NKRI
Muhammad Nurul Huda, pemeran tokoh Syekh Nurjati dalam series drama kolosal, Kembalinya Raden Kian Santang, mengapresiasi penyelenggaraan Kejurnas IV Pagar Nusa di padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, pada 25-27 Maret 2022. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Muhammad Nurul Huda, pemeran tokoh Syekh Nurjati dalam series drama kolosal, Kembalinya Raden Kian Santang , mengapresiasi penyelenggaraan Kejurnas IV Pagar Nusa di padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, pada 25-27 Maret 2022. Ia berharap pendekar Pagar Nusa bisa berdikari, berprestasi dan berakhlak, serta menjaga ulama, dan keutuhan NKRI.

"Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, saya Syekh Nurjati pemain Kembalinya Raden Kian Santang mengucapkan selamat dan sukses atas terselanggaranya Kejurnas Pagar Nusa yang ke empat tahun 2022," kata Nurul Huda yang memerankan sebagai gurunya Raden Kian Santang dikutip dari video, Minggu (20/3/2022).

Nurul Huda berharap pendekar Pagar Nusa bisa berdikari, berprestasi dan berakhlak, serta menjaga Ulama dan menjaga keutuhan NKRI. "Tunjukan bahwa kalian adalah pendekar Pagar Nusa yang bedikari, berprestasi dan berakhlak untuk menjaga ulama dan NKRI, la ghaliba illa billah, semoga Allah meridhoi," katanya sembari mengeluarkan jurus silat khasnya.

Baca juga: Pagar Nusa Sukses Gelar Kejurnas dan Festival Secara Virtual

Setidaknya ada 300 lebih medali yang akan diperebutkan dalam Kejurnas IV Pagar Nusa, yang terdiri dari kategori seni, jurus baku, dan festival. Kejurnas berdasarkan usia terbagi atas praremaja, remaja, dan dewasa dengan empat kategori yakni perorangan putra, perorangan putri, berpasangan, dan berkelompok.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa NU, Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil mendorong kepada para pesilat NU untuk selalu memiliki karakter berdikari. Karena, berdikari merupakan karakter seorang pendekar.

"Sesungguhnya berdikari atau mandiri itu adalah karakter yang tertanam di dalam jiwa seorang pesilat, seorang pendekar. Pagar Nusa ingin meneguhkan itu, dan Pagar Nusa tidak ingin menjadi beban bagi siapapun. Oleh karenanya, Pagar Nusa harus mandiri," kata Gus Nabil.

Kejurnas Pagar Nusa merupakan bagian dari sarana evaluasi pembinaan yang rutin digelar di lingkungan Pagar Nusa. Kejurnas ini diharapkan bisa menghasilkan atlet terbaik, dengan penjurian yang adil dan profesional, sehingga akan menghasilkan atlet yang bermutu dan berkualitas.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)