BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Bencana di 15 Provinsi

Jum'at, 25 Maret 2022 - 15:57 WIB
loading...
BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Bencana di 15 Provinsi
Bencana berpotensi terjadi di 15 provinsi hingga dua hari ke depan. Foto: ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini berbasis dampak hujan lebat wilayah Indonesia. Peringatan disampaikan untuk mengantisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan lain-lain.

BMKG melaporkan peringatan ini berlaku per 26 Maret 2022 pukul 07.00 WIB sampai 27 Maret 2022 pukul 07.00 WIB sebanyak 15 provinsi di Indonesia berada pada kategori waspada terhadap bencana hidrometeorologi dampak potensi hujan lebat.



“15 Provinsi di Indonesia esok hari, Tanggal 26 Maret 2022 berada dalam kategori waspada terhadap bencana hidrometeorologi (Genangan, Banjir, Longsor, Pohon tumbang dll) dampak dari potensi hujan lebat,” tulis BMKG lewat akun media sosial resminya, Jumat (25/3/2022).

Wilayah yang masuk kategori waspada potensi hujan lebat yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.



Sementara itu, potensi dampak yang bisa terjadi akibat hujan lebat ini yakni jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi. Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah. Volume aliran sungai meningkat atau banjir. Dan aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Oleh karena itu, BMKG pun mengingatkan masyarakat agar berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)