Resmikan Kampus Unhan di Perbatasan Timor Leste, Netizen Puji Prabowo

Jum'at, 25 Maret 2022 - 15:24 WIB
loading...
Resmikan Kampus Unhan di Perbatasan Timor Leste, Netizen Puji Prabowo
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo Subianto meresmikan Kampus Politeknik Ben Mboi, Universitas Pertahanan, di Atambua, Belu, NTT. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Masyarakat menyambut positif peresmian Kampus Politeknik Ben Mboi, Universitas Pertahanan, di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Timor Leste. Kampus ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Kamis, 24 Maret 2022.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Pertahanan RI, kampus ini diinisiasi oleh Prabowo sebagai salah satu upaya mewujudkan pengembangan potensi sumber daya pertahanan di bidang pendidikan melalui pembangunan SDM yang tangguh di wilayah perbatasan sebagai beranda terdepan NKRI.

“Lokasi kampus Poltekhan ini sendiri tepatnya berada di Fatuketi Kabupaten Belu. Gedung universitas dan asrama dibangun di atas bukit bernama Besaknanae, tak jauh dari Bendungan Rotiklot serta garis perbatasan Indonesia-Timor Leste,” tulis Kemhan dalam akun Instagram resmi @kemhanri, dikutip Jumat.



Terkait peresmian perguruan tinggi tersebut, masyarakat setempat dan warganet pun merespons positif inisiatif Prabowo dengan memberikan beragam komentar.

Mantap pak @prabowo curahkan semua pemikiran positif untuk Tanah Air Indonesia. Tuhan akan membalaskan kepada semua anak cucu bapak dan kejayaan anak Indonesia,” tulis pemilik akun @pautrahamongan.

Baca juga: Unhan Gelar Wisuda untuk 428 Mahasiswa S2 dan S3 pada Dies Natalis Ke-13

Terima Kasih Bapak Presiden RI @jokowi sudah meresmikan Unhan di daerah saya Kabupaten Belu tercinta. Terima Kasih Bapak Menteri Pertahanan RI yg turut mendampingi Bapak Presiden. Semoga Tuhan Memberkati selalu. Puji Tuhan tahun ini saya Anak Belu menjadi bagian dari ASN Kementerian Pertahanan TNI-AL....Semoga selalu setia menjadi bagian dari Bela Negara,” tulis pemilik akun @linaklau.

Akun Dion Pahlevi menyampaikan dukungan senada. Dia mendukung pembukaan kampus Unhan di kawasan perbatasan RI. “Mantap...sekarang waktunya membangun daerah pelosok terutama di perbatasan karena pintu Indonesia,” tulis dia.

Dalam laporannya kepada Jokowi saat acara peresmian, Prabowo menjelaskan, Kampus Politeknik Ben Mboi Unhan berdiri di atas lahan 141 hektare dengan memiliki jumlah kadet mahasiswa sebanyak 175 orang terdiri atas 79 putra dan 96 putri. Dan 70% kadetnya berasal dari NTT dan 30% dari berbagai provinsi di luar NTT.

“Mohon berkenan Bapak Presiden meresmikan kampus politeknik Ben Mboi. Sebagai kampus pertama di Kabupaten Belu yang akan melahirkan generasi muda di wilayah perbatasan yang siap membangun masa depan lebih baik, generasi yang akan membanggakan keluarga dan bangsa, generasi yang akan siap membuka gerbang Indonesia Maju,” ujar Prabowo.

Jokowi pun berharap Politeknik Ben Mboi bisa menjadi tempat belajar dan meningkatkan keterampilan anak muda khususnya di perbatasan Atambua dan Timor Leste. “Pembangunan SDM adalah fondasi untuk Indonesia Maju, karena itu pelayanan pendidikan harus tersebar secara merata di seluruh penjuru Tanah Air,” kata Jokowi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)