Waspada Adu Domba dari Sosial Media

Kamis, 24 Maret 2022 - 18:09 WIB
loading...
A A A
Masyarakat banyak yang terlena dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan media sosial, sehingga tanpa kendali mengunggah begitu saja apa yang dinilai perlu diunggah. Mereka mengabaikan bagaimana dampaknya terhadap publik dan dirinya sendiri.

Kehadiran dan kemudahan yang ditawarkan media sosial masih tidak diimbangi dengan kesadaran dan literasi informasi yang kritis sehingga masyarakat rawan terkontaminasi efek negatif media sosial. Peran tokoh masyarakat penting untuk melawan hoaks dan provokasi yang ada. Sebab, tokoh masyarakat seringkali menjadi seseorang yang dekat dengan masyarakat itu sendiri. Sehingga semua pernyataannya kerap lebih dipercaya oleh masyarakat dibandingkan dengan informasi yang disebarkan oleh media sosial.

Sejatinya, media sosial sangat membantu untuk mendapatkan informasi dan ilmu baru bila masyarakat menggunakannya secara benar. Provokasi akan selalu ada, pro dan kontra juga akan selalu ada, karena mereka punya pasarnya. Tugas masyarakat mengendalikan pikiran dan respons kita agar tidak terseret ke dalam provokasi dengan motif mengadu domba.

(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)