SMRC: Massa NU-Muhammadiyah juga Tolak Penundaan Pemilu

Kamis, 24 Maret 2022 - 15:19 WIB
loading...
SMRC: Massa NU-Muhammadiyah juga Tolak Penundaan Pemilu
Saiful Mujani mengungkapkan massa NU dan Muhammadiyahh pun menolak penundaan pemilu. Foto/saifulmujani.com
A A A
JAKARTA - Penolakan terhadap isu atau wacana untuk menunda pelaksanaan pemilu bukan hanya bisa dilihat dari pendapat pemilih parpol. Pendiri SMRC, Saiful Mujani menambahkan data mengenai penundaan pemilu berdasarkan perasaan bagian dari ormas Islam .

Seperti diketahui, Ketua Umum PBNU KH Yahya Staquf pernah mengeluarkan pernyataan bahwa wacana penundaan pemilu adalah sesuatu yang rasional. Tetapi ternyata pernyataan itu tidak diamini kaum nahdliyin.



Dalam rilis SMRC yang diterima Kamis (24/3/2022), Saiful menjelaskan bahwa berdasarkan survei terhadap warga yang mengaku sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama, 71,3 persen di antaranya menyatakan tidak setuju penundaan Pemilu.



Pendapat yang sama juga terpotret dari massa Muhammadiyah. Sebanyak 80,7 persen di antara mereka menolak ide penundaan pemilu. Penolakan dari yang merasa bukan bagian Muhammadiyah atau NU tapi bagian dari ormas lain sekitar 69,8 persen. Sementaara yang merasa bukan bagian dari ormas mana pun sekitar 70,4 persen. “Kita berharap aspirasi masyarakat ini didengarkan oleh para elite,” ujar Saiful.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)