Pengamat: Trending di Twitter, Puan Tarik Simpati Pemilih Muda

Rabu, 23 Maret 2022 - 23:53 WIB
loading...
Pengamat: Trending di Twitter, Puan Tarik Simpati Pemilih Muda
Ketua DPR RI Puan Maharani dinilai berhasil menarik simpati pemilih muda. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nama Ketua DPR RI Puan Maharani kembali trending di media sosial Twitter. Netizen menilai, Puan berperan strategis di agenda pertemuan parlemen sedunia atau Inter Parliamentary Union (IPU). Lembaga kajian Indonesia Maju Insitute menilai Puan berpotensi menarik pemilih muda di pemilu 2024.

Pengamat politik Indonesia Maju Institute, Andi Purnomo menyebut karakter pengguna sosial media di Indonesia didominasi anak muda. Sehingga figur seseorang, khususnya politikus, dapat diukur citranya melalui aktifitasnya di media sosial. “Saat Puan menjadi trending di sosial media, misal Twitter, artinya Puan dilihat bercitra positif oleh mereka. Ini potensi bagi Puan untuk dipilih pemilih muda,” jelasnya, Rabu (23/03/2022).

Apalagi, Pemilu 2024 masih sekitar 2 tahun lagi. Jika Puan bisa konsisten memenangkan hati publik di dunia maya, bisa menjadi modal penting untuk memenangkan pilpres. Apalagi 2 tahun menuju pemilu merupakan waktu yang cukup panjang. Andi menyarankan agar Puan menggarap serius sosial media. Ini jika Puan jadi maju dalam kontestasi 5 tahunan tersebut.


Di sisi lain, Andi melihat trendingnya Puan di Twitter juga tak lepas dari sikap Puan sendiri. Puan, kata dia, menyuarakan beragam isu dan aspirasi global yang menjadi keresahan publik. Andi mencontohkan isu seperti perdamaian dunia, isu perempuan, kepemudaaan, serta dukungan pada Palestina adalah isu yang dihadapi masyarakat saat ini. “Puan di forum IPU menyuarakan semua hal ini. Wajar jika netizen di Twitter menjadi simpatik dan mendukung Puan,” tegasnya.



Pantauan di Twitter, tagar #PuanPemimpinKita sudah ditweet sebanyak 3.631 kali. Komentar netizen Twitter secara umum mengapresiasi dan memandang positif penampilan Puan yang dianggap mewakili suara publik di acara IPU. “Finally yaa, kita punya sosok yang menyuarakan kepentingan anak muda di parlemen dunia,” cuit akun bernama Christian_04.

Komentar lainnya juga terkait Puan yang dinilai membawa aspirasi anak muda. “Yeaiyy sebagai anak muda Indonesia, kita sudah punya sosok yang menjadi representasi anak muda Indonesia. Terus berkarya bu dan suarakan anak muda Indonesia,” cuit akun bernama Arnold Nine.

Komentar lain netizen juga menyinggung tentang isu lingkungan. “Ibu Puan bawa isu perubahan iklim di forum parlemen dunia. Semoga suara kita didengar ya,” cuit akun bernama Eggydiuz.

Ada juga netizen berkomentar positif tentang isu kepempinan .”Sosok ibu Puan sangatlah memungkinkan banget loh sebagai sebagai simbol pemimpin perempuan dunia,” cuit akun bernama Janbalia.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)