Ketua KPK Ajak Kader PDIP Bangun Budaya Antikorupsi

Selasa, 22 Maret 2022 - 19:58 WIB
loading...
Ketua KPK Ajak Kader PDIP Bangun Budaya Antikorupsi
Ketua KPK Firli Bahuri mendorong partai politik untuk turut serta membangun dan memiliki karakter dan budaya antikorupsi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mendorong partai politik untuk turut serta membangun dan memiliki karakter dan budaya antikorupsi. Sebab korupsi masih menjadi keprihatinan bersama. Meski saat ini sebenarnya regulasi sudah cukup, ada aparat penegak hukum tapi yang belum ada adalah, budaya antikorupsi.

"KPK ingin mengubah korupsi itu budaya menjadi antikorupsi adalah budaya," ujar Firli saat memberi paparan secara virtual di Pendidikan Kader Nasional (PKN) Angkatan II Tahun 2022 PDIP di Jakarta, Selasa, (22/3/2022).

Kegiatan yang dipimpin langsung Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat di Sekolah Partai didampingi moderator Wayan Sudirta, anggota DPR RI Komisi III juga dihadiri Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto secara virtual.



Firli menyebut, beberapa permasalahan yang sedang dihadapi saat ini seperti korupsi, narkoba, terorisme dan radikalisme. Dalam kesempatan itu, Firli juga memaparkan sejumlah pendekatan yang dilakukan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. "Pemberantasan korupsi membutuhkan sebuah orkestrasi dengan menciptakan sistem integritas nasional," kata Firli.



Firli menilai, budaya antikorupsi belum mapan hidup dalam penyelenggara negara dan seluruh anak bangsa. Untuk itu, Firli berharap, semua anak bangsa ikut aktif, baik yang di legislatif, eksekutif dan partai politik (parpol) pun punya peran dalam hal ini. Karena korupsi merugikan uang negara, korupsi juga menyulitkan tercapainya tujuan bernegara.

”Parpol menjadi sentral dan memiliki kedudukan strategis dalam rangka mewujudkan tujuan negara. Parpollah yang menentukan segala lapisan kepemimpinan. Saya kira PDIP bisa menjadi pelopor dalam budaya anti korupsi," ucap Firli.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengapresiasi kesediaan Ketua KPK tampil di acara pendidikan kader PDIP. Menanggapi paparan Firli, bahwa perlunya menerapkan budaya antikorupsi, Hasto menyebut, hal itu bisa dimulai dari cara berpikir positif yang antikorupsi.

"Materi yang disampaikan Pak Firli menjadi energi bagi PDI Perjuangan. Kehadiran Pak Firli secara langsung tidak akan sia-sia, dan karenanya semua kader Partai harus terlibat dalam membangun budaya anti korupsi yang dimulai dari cara berpikir yang bebas dari penyalahgunaan kekuasaan," kata Hasto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)