Rangkul Warga Nahdliyin, Ketum PAN Ingin Birukan Wilayah Tapal Kuda Jatim

Rabu, 16 Maret 2022 - 14:36 WIB
loading...
Rangkul Warga Nahdliyin, Ketum PAN Ingin Birukan Wilayah Tapal Kuda Jatim
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat melakukan safari kebangsaan ke wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan kembali melakukan safari kebangsaan ke Jawa Timur , mulai Selasa hingga Minggu (15-21/3/2022). Kali ini Zulhas memfokuskan perjalanannya untuk konsolidasi kader di sepanjang wilayah Tapal Kuda. Wilayah ini mencakup tujuh kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasurun, Situbondo, dan Probolinggo.

Dalam agenda yang diberi judul Zulhas Sat Set Nang Jawa Timur itu, Zulhas bersama rombongan DPP PAN dan DPW PAN Jatim menggelar berbagai kegaiatan. Kota pertama yang didatangi Zulhas adalah Kabupaten Jember dengan melakukan ziarah ke Makam Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid. Setelah itu ia meresmikan jembatan gantung di sekitar Pantai Watu Ulo, kemudian mengunjungi Pesantren Madinatul Ulum pimpinan KH Lutfi Ahmad.

"Harus diakui basis PAN di Jatim kali ini banyak berdatangan dari warga Nahdliyin. Bahkan di Jatim ketua DPW-nya seorang Habib. Habib Rizki Sadiq. Dukungan warga NU di Jatim kepada PAN kuat," kata Zulhas dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Reshuffle Kabinet, PAN Akui Dapat Jatah 1 Menteri dan 1 Wamen

Pernyataan Zulhas didukung penerimaan beberapa kiai dan pondok pesantren berbasis warga Nahdliyin di Jatim. Bahkan di antara mereka secara terang-terangan menyatakan ingin maju bersama PAN di Pemilu Legislatif 2024. Usai dari Madinatul Ulum, Zulhas mendatangi Pondok Pesantren Al-Qodiri pimpinan KH Muzakki. Zulhas dan rombongan PAN disambut secara antusias dengan drumb band dan gema shalawat badar.

"PAN di Jatim ingin hadir menyerap aspirasi kultural masyarakat dan menemukan relevansi perjuangan partai ini dengan kebutuhan masyarakat Jatim. InsyaAllah pada saatnya Jatim akan menjadi basis PAN," kata Habib Rizki Sadiq yang merupakan anggota DPR Komisi I.

"Besok ketua umum ke Pesantren Syekh Abdul Qodir Jailani di Probolinggo. Kiai Hafidz dan beberapa anggota keluarganya ingin maju dari PAN di pileg mendatang," katanya.

Selain mengunjungi kiai dan pesantren, Zulhas juga bersilaturahmi dengan para kepala daerah di setiap kota/kabupaten. "Kunci dari politik itu silaturahmi. Sejatinya tidak ada daerah yang sulit. Tidak ada yang kering atau subur. Semua akan subur dan berbuah kalau kita garap dan olah dengan baik. Kekuatan PAN di Jatim ini luar biasa," kata Zulhas.

Safari politik Zulhas di Jatim sangat menarik. Agendanya terhitung berbeda dari wajah PAN yang dikenal publik selama ini. Ada ziarah, kunjungan ke pesantren, silaturahmi dengan alim ulama, dan terakhir rencananya ditutup dengan shalawatan akbar di Sampang, Madura.

"PAN terus konsolidasi. Jatim ini salah satu yang terbaik konsolidasinya. Sambutan warga Jatim sangat luar biasa. Terasa aura PAN di Tapal Kuda ini," kata Zulhas.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)