Aksi Heroik Babinsa Ini Diganjar Penghargaan dari Jenderal Dudung

Selasa, 15 Maret 2022 - 16:29 WIB
loading...
Aksi Heroik Babinsa Ini Diganjar Penghargaan dari Jenderal Dudung
Babinsa Koramil 04/Cengkareng, Jakarta Barat, Pelda Jaelani. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Nasib baik hinggap di tubuh Babinsa Koramil 04/Cengkareng, Jakarta Barat bernama Pelda Jaelani. Setelah berhasil membekuk pelaku penusukan warga yang menggunakan senjata tajam, dirinya diganjar penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca Juga: Jenderal Dudung


Pelda Jaelani berujar, aksi heroik yang dilakukannya terinspirasi dari pernyataan Jenderal Dudung untuk selalu bersedia membantu masyarakat apapun itu masalahnya.

"Saya terinspirasi ucapan Bapak KSAD, bahwa jangan pernah menolak atau menghindar dari bantuan orang. Maksudnya, orang yang minta bantuan kepada kamu sesungguhnya Tuhan sedang menguji dalam berbuat kebaikan," ucap Jaelani kepada MNC Portal, dikutip Selasa (15/3/2022).

Dia lantas membeberkan kronologinya. Hal ini bermula saat dirinya selesai melakukan kegiatan pembagian masker pada Jumat 4 Maret 2022. Kemudian, sekitar pukul 10.00 WIB dia bertemu dengan Ketua RT setempat untuk meminta masukan terkait giat yang baru dilakukannya.

Namun, belum lama dia berbicara, telepon genggam Pak RT berdering. Istri Pak RT lantas berteriak untuk segera memanggil babinsa setempat. Sebab, telah terjadi penusukan yang dilakukan oleh orang tak dikenal terhadap salah satu warga.

Tanpa pikir panjang, Jaelani langsung bergegas meninggalkan pos. Di sepanjang jalan, bercak darah sudah tercecer. "Mana bu orangnya? Niat saya mau saya bawa ke rumah sakit eh udah dibawa sama tetangga. Di tempat orang ketakutan, teriak-teriak doang. Mencekam banget," jelasnya.

Warga yang ada di lokasi lantas memberi informasi bahwa pelaku telah masuk ke dalam sebuah rumah kontrakan dan berada di lantai dua. Jaelani langsung menyusul ke rumah itu untuk bernegosiasi agar yang bersangkutan bisa keluar untuk menyerahkan diri.

"Mas tolong keluar, buang senjatanya, kita bisalah musyawarah. Masalah ini kita selesaikan secara kekeluargaan. Tujuannya supaya dia turun, tapi enggak didengar," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)