Jokowi Siap Menggelar Upacara HUT RI 17 Agustus di IKN

Selasa, 15 Maret 2022 - 09:49 WIB
loading...
Jokowi Siap Menggelar Upacara HUT RI 17 Agustus di IKN
Presiden Jokowi mengungkapkan ada usulan untuk menggelar upacara peringatan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus di IKN Nusantara. Foto/youtube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi mengungkapkan beberapa menterinya mengusulkan agar upacara Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bagaimana tanggapannya?

"Ya ini akan baru dimulai namanya rencana. Ada beberapa menteri yang menyampaikan untuk nanti di 2024 17 Agustus dilakukan disini ya kita lihat nantinya seperti apa," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Jokowi pun tidak menutup pintu soal kemungkinan akan digelarnya upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus di IKN. "Kalau memang istana dan beberapa kementerian sudah jadi atau mungkin fasilitas yang lain-lainnya sudah jadi ya bisa saja. Tapi nanti lah kita putuskan setelah kelihatan progresnya," jelasnya.

Baca juga: Ini Aktivitas Pagi Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara

Pembangunan IKN pun telah dimulai usai Presiden Jokowi secara simbolis melakukan penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi yang berada di Indonesia. Tanah dan air itu dibawa oleh masing-masing gubernur dan disatukan di titik nol kilometer IKN pada Senin (14/3) kemarin.

Jokowi menilai penyatuan tanah dan air tersebut sebagai simbol penyatuan kekuatan besar dari seluruh masyarakat Indonesia untuk membangun IKN.

"Seluruh gubernur hadir membawa tanah dan air dari provinsi masing-masing kemudian disatukan disini. Artinya ini merupakan sebuah kekuatan besar dari negara besar kita Indonesia dan dukungan yang diberikan dari seluruh provinsi di tanah air ini akan sangat menyatukan dan ini memberikan kekuatan yang baik pada dimulainya pembangunan ibu kota Nusantara," ungkapnya.

Jokowi menjelaskan alasannya memilih titik nol sebagai tempat penyatuan tanah dan air. "Ya itu itung-itungan geospasial yang dilakukan oleh kementerian PU memang titiknya disitu," ujar Jokowi.

Istana sendiri dibangun di ketinggian 80 meter di atas permukaan. ā€¯Untuk istananya disini titik istananya ini tempat yang tertinggi dari permukaan laut kira-kira 80 meter yang paling tinggi disini sehingga bisa melihat penjuru kanan kiri," kata Jokowi.

Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1782 seconds (11.210#12.26)