Pertemuan Cak Imin dengan Komisioner KPU-Bawaslu Disebut Tak Pantas

Senin, 14 Maret 2022 - 10:47 WIB
loading...
Pertemuan Cak Imin dengan Komisioner KPU-Bawaslu Disebut Tak Pantas
Pertemuan Cak Imin dengan para Komisioner KPU-Bawaslu terpilih dianggap tak pantas dan memalukan. Foto/Instagram @cakiminow
A A A
JAKARTA - Pengamat Lingkar Madani Untuk Indonesia Ray Rangkuti menilai pertemuan Ketua Umum PKB Muhammad Iskandar ( Cak Imin ) dengan Komisioner KPU dan Bawaslu terpilih 2022-2027 sebagai hal yang tidak pantas dan memalukan. Semestinya kedua pihak bisa menahan diri dan menyadari posisi masing-masing.

"Pertemuan Anggota Bawaslu dan KPU yang baru terpilih dengan ketum PKB sangat mengejutkan sekaligus memalukan. Mengapa? Tidak jelas alasan rasional dan etika yang mendasari pertemuan tersebut. Apa maksud, untuk apa dan bertujuan apa pertemuan tersebut," ujar Ray Rangkuti, Senin (14/3/2022).

Ia menyebutkan pertemuan tersebut juga memberi kesan bahwa Cak Imin yang juga Wakil Ketua DPR RI tersebut dapat mengundang para komisioner penyelenggara pemilu.

"Diundang ketua partai untuk sekedar berbincang-bincang itu akan dapat memberi efek negatif terhadap para komisioner. Lagi pula, etika penyelenggara negara tidak begitu saja dapat bertemu dengan bakal calon peserta jika tidak atas kepentingan pelaksanaan pemilu sendiri," tambah Ray Rangkuti.



Ia mengungkapkan masih segar ingatan bahwa pelaksanaan pemilihan anggota penyelenggara pemilu priode ini (2022-2027) juga penuh dengan kritik masyarakat atas asas tranparansi. "Pertemuan seperti ini dapat menambah timbunan kecurigaan publiak atas independensi penyelenggara pemilu," kata Ray Rangkuti.

Padahal, kata Ray, disaat yang sama Cak Imin adalah salah satu pendukung ide agar Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden. "Tentu, hal ini menambah kekhawatiran dan kecemasan akan kepastian pelaksanaan Pemilu 2024," jelasnya.

Agar tidak menimbulkan polemik lebih lanjut, Ray Rangkuti mendorong penyelenggara pemilu yang baru terpilih segera menyampaikan keterangan tentang apa, kenapa, tujuan apa dan dalam rangka apa pertemuan dengan Cak Imin tersebut dilaksanakan.



"Penyelenggara pemilu harus benar-benar menjaga kwalitas moral etika dan independensi mereka demi menumbuhkan kepercayaan masyarakat," pungkas Ray Rangkuti.

Pertemuan Cak Imin dengan komisioner KPU dan Bawaslu terpilih periode 2022-2027 diketahui dari unggahan foto di akun Instagram Muhaimin @cakiminow pada 11 Maret 2022 lalu.

Terlihat, Muhaimin Iskandar duduk bersama setidaknya 12 orang Komisioner KPU dan Bawaslu terpilih. [Carlos Roy Fajarta]
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)