Mahfud MD: Tanah dan Air yang Dibawa 33 Gubernur ke IKN Lambang Keberagaman

Minggu, 13 Maret 2022 - 10:52 WIB
loading...
Mahfud MD: Tanah dan Air yang Dibawa 33 Gubernur ke IKN Lambang Keberagaman
Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan simbol tanah dan air yang akan dibawa 33 gubernur ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melambangkan sebuah keberagaman. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan simbol tanah dan air yang akan dibawa oleh 33 gubernur ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara melambangkan sebuah keberagaman. Nantinya, tanah dan air itu akan disatukan ke dalam sebuah kendi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Penunjukan Kepala Otorita IKN Merupakan Hak Prerogatif Presiden

"Dari Bengkulu, Papua Barat, dari Papua, dari Kalimantan, Sumatera Barat, Aceh, semua berkumpul di sana," kata Mahfud MD dalam keterangannya, Minggu (13/3/2022).



Dirinya pun mengajak masyarakat untuk menjaga Tanah AirIndonesia karena terdapat keberagaman di dalamnya. Menurutnya, dua kilogram tanah dan satu liter air yang akan dibawa oleh masing-masing gubernur telah mewakili seluruh suku dan agama di masing-masing provinsi.

"Inilah tanah, air kita. Indonesia, Tanah Air. Maka kita harus jaga Tanah Air kita. Simbolik apa yang muncul dari itu? Keberagaman," jelasnya.

Selain itu kata Mahfud, dalam 30 tahun ke depan hal yang dilakukan ini akan menjadi cerita yang amat menarik. "Bagaimana kita berupacara melalui adat kenegaraan dan keagamaan, digabung di situ, untuk masuk ke ibu kota baru," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di IKN Nusantara selama tiga hari mulai dari 13 hingga 15 Maret 2022. Presiden akan berkemah di titik nol yang menjadi lokasi dibangunnya Istana Negara.

Pada Senin (14/3/2022), tanah dan air yang dibawa para gubernur akan digunakan dalam ritual adat dengan menuangkannya ke dalam Kendi Nusantara. Wadah besar tersebut terbuat dari tembaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3190 seconds (0.1#10.140)