Kapal ADRI XLIX Milik TNI AD Distribusikan Buku Bacaan Anak ke Papua

Selasa, 08 Maret 2022 - 20:33 WIB
loading...
Kapal ADRI XLIX Milik TNI AD Distribusikan Buku Bacaan Anak ke Papua
Sekitar 3 minggu berlayar dari Jakarta, Kapal ADRI XLIX milik Satangair Pusbekangad TNI AD bersandar dengan selamat di Dermaga Jayapura, Senin 7 Maret 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setelah sekitar 3 minggu berlayar dari Jakarta, akhirnya Kapal ADRI XLIX milik Satangair Pusbekangad TNI AD bersandar dengan selamat di Dermaga Jayapura, Senin 7 Maret 2022. Kapal ini dikomandani Mayor Cba Humitar Siagian.

Baca juga: Tokoh Papua Sebut Pemekaran Wilayah Papua Permudah Pelayanan Kesehatan

Kedatangan kapal tersebut, selain menjalankan tugas pokoknya untuk mendistribusikan perlengkapan dinas, juga turut membantu kegiatan teritorial TNI AD .

Baca juga: TNI AD Punya 547 Kendaraan Dinas Baru

"Ada sekitar 70 dus buku bacaan anak dan peralatan belajar anak yang telah diserahkan kepada Pihak Sterdam XVII/Cenderawasih dan Sterrem 172/PWY untuk nantinya diberikan ke anak-anak di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya," kata Mayor Cba Humitar Siagian dalam keterangan yang diterima, Selasa (8/3/2022)

Diketahui, buku dan peralatan belajar anak ini sendiri adalah hasil donasi dari remaja Paroki Alam Sutera, Tangerang yang memiliki kepedulian sosial untuk menyerahkan buku masa kecil mereka kepada anak-anak di Papua.

Dalam kesempatan yang sama Satgas Muara dan Perairan Papua Korps Marinir dari Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Puspen TNI) membuat Mobil Pintar (Perpustakaan Keliling) untuk generasi muda yang ada di Pedalaman Papua, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Mobil tempur yang disulap menjadi Mobil Pintar ini merupakan terobosan baru yang di buat dengan merubah garangnya mobil tempur plat baja menjadi mobil yang berfungsi sebagai perpustakaan keliling dan merupakan hal baru bagi masyarakat Distrik Kenyam, Nduga.

"Nantinya Mobil pintar tersebut akan mengelilingi pelosok distrik Kenyam yang bertujuan untuk menjangkau generasi muda ataupun masyarakat di pedalaman Papua agar mudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi di luar sekolah," ucapnya.

Dalam Mobil Pintar tersebut, telah disiapkan 5500 buah buku yang terdiri dari buku bacaan umum, bacaan budi pekerti, buku ilmu pengetahuan teknologi, dan buku modul pelajaran.

Selain itu juga, ada buku tulis sebanyak 10.000 buah untuk dibagikan secara gratis untuk semua kalangan, baik pelajar maupun masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan lainnya yang dilakukan di sana adalah memberikan pengetahuan umum, pengetahuan teknologi umum sederhana maupun teknologi komputer, memberikan pelajaran sosial budaya, serta memberikan makanan gratis.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dapat terlaksana berkat adanya kerja sama yang baik antara rakyat dan TNI untuk manunggal dan bekerjasama demi kemajuan negara, khususnya di bidang pendidikan.
(maf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1393 seconds (10.177#12.26)