Sowan ke Khofifah, Elite Parpol Jajaki Peluang Nyapres di 2024

Senin, 07 Maret 2022 - 10:21 WIB
loading...
Sowan ke Khofifah, Elite Parpol Jajaki Peluang Nyapres di 2024
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa kini jadi rebutan para elite politik. Baik dari partai koalisi maupun non koalisi untuk menghadapi Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa kini jadi rebutan para elite politik. Baikdari partai koalisi maupun non koalisi untuk menghadapi Pilpres 2024 .

Hal itu terlihat dari sejumlah elite politik melakukan safari politik ke Jawa Timur dan menemui Khofifah. Mulai dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR, Puan Maharani.

Menanggapi itu, Pakar Komunikasi Politik Hendri Satrio mengatakan safari politik itu wajar dilakukan oleh para elite politik untuk melakukan penjajakan nyapres di 2024.Apalagi, Khofifah adalah salah satu kepala daerah perempuan yang masuk diperhitungkan di2024. Selain kinerjanya yang bagus, Khofifah juga Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dan masuk dalam500 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

“Wajar kalau elite politik melakukan penjajakan politik dengan Khofifah. Mungkin untuk Pemilu 2024,” ujar Hendri menyikapi sejumlah elite politik bersafari menemui Khofifah di Jawa Timur, Minggu (6/3/2022).

Selain itu, Hendri mengatakan elektabilitas Khofifah di sejumlah lembaga survei bagus. Berdasarkan hasil survei KedaiKOPI, elektablitas Khofifah meraih angka 7,3%. Khofifah juga berhasil membangun Jawa Timur. Sebagai tokoh perempuan muslimat NU, Khofifah juga memiliki massa besar di NU dan dukungan dari banyak kalangan.

“Kiprah Khofifah di pemerintahan dan legislatif tidak diragukan. Jadi tidak bisa dipungkiri kalau Khofifah menjadi magnet elektoral baru bagi para elite partai dalam menghadapi 2024," ucap Hendri.

Selain punya banyak kelebihan, kata Hendri, Khofifah bisa menjadi calon alternatif di Pilpres 2024.“Beliau sudah teruji baik di pemerintahan dan legislatif. Dengan begitu, Khofifah akan menjadi magnet besar di 2024,” tandasnya.

Sebelumnya, hasil Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mempunyai tingkat kesukaan tinggi untuk bersaing dengan tokoh lain dalam Pilpres 2024.

“Karena untuk dipilih seorang yang dikenal harus disukai sehingga dipilih (eletabilitas) maka untuk sementara yang paling kompetitif untuk dikampanyekan adalah Khofiffah,” kata Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)