Aktif Bantu Masyarakat, Elektabilitas Erick Thohir Meningkat

Minggu, 06 Maret 2022 - 22:28 WIB
loading...
Aktif Bantu Masyarakat, Elektabilitas Erick Thohir Meningkat
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir memiliki nilai popularitas dan elektabilitas yang terus meningkat berdasarkan temuan survei Lembaga Survei Nasional (LSN). Menurut Pengamat Politik Surokim Abdussalam, hal ini tak lepas dari respons cepat Menteri Terbaik Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap berbagai persoalan yang ada di masyarakat.

"Kecepatan (progresivitas dan akselerasi) Erick Thohir juga mulai diapresiasi banyak pihak," ujar Surokim, Minggu (6/3/2022).

Respons cepat Erick Thohir masih terekam jelas di dalam ingatan masyarakat. Seperti saat mendatangi Nelayan Nambangan Surabaya dalam persoalan langkanya BBM, mengganti Direktur Energi Primer PT PLN (Persero) akibat kelangkaan batu bara, hingga operasi pasar yang dilakukan demi menekan melambungnya harga minyak goreng di pasaran.

Hal-hal seperti itulah, yang menurut Surokim, membuat masyarakat terpikat akan sosok kepemimpinan Erick Thohir sehingga menyebabkan popularitas dan elektabilitasnya terus meningkat. Bahkan, Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) ini menyatakan Erick Thohir satu-satunya menteri Presiden Jokowi yang bisa membius perhatian publik dengan keberhasilan dari kerja nyata.

"Di jajaran menteri pembantu Presiden Jokowi, Pak Erick Thohir termasuk yang bisa menarik perhatian publik," tambah Surokim.

Meningkatnya popularitas dan elektabilitas Erick Thohir dapat dilihat dari keberhasilan namanya yang selalu masuk dalam 10 besar capres dengan elektabilitas tertinggi. Bahkan dalam hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN), Erick Thohir berada di posisi 7 dengan elektabilitas sebesar 2,8 persen.

"Sebagai orang non partai, progress elektabilitas Erick Thohir juga termasuk baik dan mengejutkan," tegas Surokim.

Tak hanya itu, beberapa hari lalu, lembaga survei Indonesia Political Opinion (IPO), juga mengeluarkan temuan yang menunjukkan bahwa Erick Thohir sebagai menteri terbaik Presiden Jokowi dengan predikat kinerja dan popularitas paling baik. Dengan perolehan suara mencapai 79,2 persen, Erick Thohir berada di posisi kedua, terpaut 2 persen, dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapat 81,3 persen.

Oleh karena itu, Surokim yakin, nilai popularitas dan elektabilitas Erick Thohir akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Mengingat Anggota Kehormatan Banser ini adalah pemimpin milenial nasional yang memiliki banyak keunggulan.

"Di jajaran pemimpin milenial nasional, Erick Thohir termasuk pemimpin plus yang punya banyak keunggulan. Hal itu juga yang membuat Erick Thohir bisa bertahan di 10 besar," tutup Surokim.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2478 seconds (0.1#10.140)