Pasukan Elite TNI AU Dikerahkan Bantu Evakuasi WNI dari Ukraina

Jum'at, 04 Maret 2022 - 03:35 WIB
loading...
Pasukan Elite TNI AU Dikerahkan Bantu Evakuasi WNI dari Ukraina
TNI AU menerjunkan personel dari Satbravo-90 Kopasgat dalam proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina, Kamis (3/3/2022). Foto: Dok Dispenau
A A A
JAKARTA - TNI AU menerjunkan 9 personel dari Satbravo-90 Kopasgat dalam proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Ukraina, Kamis (3/3/2022). Satu orang dokter dari Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma juga terlibat.



Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, personel Satbravo-90 Kopasgat bertugas sebagai tim pengamanan (Tim Pam). Sedangkan 1 dokter TNI AU sebagai tim kesehatan.

“Penugasan ini sesuai dengan perintah Panglima TNI, atas permintaan Kementerian Luar Negeri untuk membantu pemerintah dalam proses evakuasi WNI di Ukraina,” kata Indan dalam keterangannya.



Sesuai instruksi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, kata dia, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo langsung menyiapkan dan memberangkatkan personel berkompeten guna melaksanakan tugas tersebut.



Personel TNI AU berangkat pada Rabu 2 Maret 2022 dari Bandara Soekarno-Hatta. "Rute yang dilewati adalah Jakarta - Madinah Arab Saudi - Bucharest Rumania," bebernya.

Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA yang merupakan keluarga WNI berhasil dievakuasi dari Bandara Bucharest Rumania. Sebelumnya mereka terlebih dahulu dievakuasi lewat darat oleh tim Kemlu dari Ukraina ke Rumania.

Pasukan Elite TNI AU Dikerahkan Bantu Evakuasi WNI dari Ukraina
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)