Relawan Indonesia Bersatu Deklarasi Lawan Pandemi Virus Covid-19

Jum'at, 24 April 2020 - 06:40 WIB
loading...
Relawan Indonesia Bersatu Deklarasi Lawan Pandemi Virus Covid-19
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 melakukan deklarasi secara nasional mendukung penanggulangan pandemi virus corona. Foto/Koran SINDO
A A A
JAKARTA - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 melakukan deklarasi secara nasional mendukung penanggulangan pandemi virus corona. Deklarasi berlangsung di kawasan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, kemarin. Dalam kegiatan itu hadir Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Waka BIN Letjen TNI (Purn) Tedy Laksmana WK, Ketua BNPB Letjen TNI Doni Munardo, dan Ketua Relawan Sandiaga Uno.

Kepala BIN Budi Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan seluruh relawan atas deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang melibatkan perwakilan dari beberapa provinsi. Hal ini merupakan wujud kepedulian dan peran serta komponen bangsa dalam penanganan Covid-19.

“Berbagai wujud konkret telah dijalankan seperti tes massal hingga 5.000 alat tes, jaring pengaman sosial, masker, dan penyemprotan disinfektan. Pada akhir April akan ada laboratorium mobil yang merupakan kekuatan dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19,” katanya.

Deklarasi diikuti oleh 300 relawan di Jakarta dan oleh relawan lain di delapan kota besar di Indonesia. Mereka siap terjun ke lapangan membantu paramedis guna bergotong-royong mengatasi pandemi Covid-19 di berbagai wilayah di Tanah Air.

Para relawan juga dibekali ilmu pengetahuan tentang penanganan Covid-19 secara memadai sehingga mereka tidak gamang ketika bertugas. Relawan ini diharapkan mampu mempercepat proses penanggulangan Wabah Covid-19 sehingga pandemi ini dapat cepat teratasi dan angka persebarannya dapat ditekan signifikan.

Relawan akan langsung bergerak pascadeklarasi dan melakukan serangkaian kegiatan, antara lain gerakan nasional penggunaan masker, tes massal Covid-19, sosialisasi dan edukasi, gerakan dekontaminasi, serta dukungan jaring pengaman sosial nasional.

Rapid test dilakukan di berbagai wilayah sehingga dapat mempercepat proses deteksi dini dan cegah dini dalam menjejaki para pihak yang terinfeksi virus corona. ”Dengan bergoyong-royong, kita lakukan perlawanan rakyat semesta bersama-sama bersatu lawan Covid-19,” ujar Budi Gunawan.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 Sandiaga Uno juga memberikan apresiasi kepada BIN karena telah membantu penanganan Covid-19. “Hari ini kita berkumpul secara virtual siap membantu pemerintah memerangi wabah ini, baik dengan tindakan aktif maupun preventif. Ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Terima kasih kepada semua pihak, terutama BIN, yang telah mengusahakan pertemuan ini,” ujarnya.

Salah satu program relawan selanjutnya adalah rapid test yang dilakukan di berbagai wilayah, sehingga dapat mempercepat proses deteksi dini dan cegah dini dalam menjejaki para pihak yang terinfeksi virus corona. Tak hanya itu, melalui kesempatan ini juga para relawan bersama pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berbondong-bondong mengikuti rapid test yang akan diselenggarakan hingga Jumat (24/4/2020).

Pemerintah menargetkan, 5.000 peserta yang akan mengikuti kegiatan rapid test selama dua hari itu. Adapun kegiatan tes covid-19 massal ini akan dilakukan di Wisma Atlet Kemayoran. Rapid test buka dari pukul 7.00 pagi sampai 17.00, dilengkapi dengan standar prosedur protokoler ketat. (Anton C)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2739 seconds (0.1#10.140)