KSAD Dudung Dapat Gelar Prawireng Jaye Bhuwane di NTB, Apa Artinya?

Senin, 21 Februari 2022 - 21:41 WIB
loading...
KSAD Dudung Dapat Gelar Prawireng Jaye Bhuwane di NTB, Apa Artinya?
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (21/2/2022). Foto/Kodam Udayana
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (21/2/2022). KSAD didampingi Ketua Umum (Ketum) Persit Kartika Chandra Kirana (KCK), Rahma Dudung Abdurachman dan rombongan.

Baca juga: KSAD Dudung Abdurachman Jenguk Tukul Arwana

Setibanya di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Jalan Bypass Bandara International Lombok, Tanak Awu, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, KSAD langsung disambut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Forkopimda NTB, serta diiringi tarian selamat datang tabuhan Gendang Belek Sinergi TNI-Polri.



Kegiatan KSAD selama berada di NTB, diagendakan selain menerima penganugerahan gelar adat sasak, "Prawireng Jaye Bhuwane" oleh Tokoh Adat Sasak . Lalu Wiratmaja, juga melakukan peninjauan vaksinasi dan pemberian bingkisan kepada masyarakat serta santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Islahuddiny, Jalan TGH Ibrahim Al-Khalidy, Kecamatan Kediri, Lobar, Provinsi NTB.

Terkait kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh vaksinator dari TNI, Polri dan Dinas Kesehatan NTB sebanyak 1.000 dosis, sedangkan bantuan bingkisan dari KSAD kepada masyarakat dan santri Ponpes sebanyak 1.000 paket.

Selanjutnya, pada saat prosesi penganugerahan gelar adat Sasak dari Majelis Adat Sasak kepada Kasad selaku tamu kehormatan yang dianggap sebagai tokoh/pejabat penting, dilaksanakan di kediaman Ketua Adat Suku Sasak H Lalu Wiratmaja (mantan Bupati Loteng), di Lingkungan Prapen, Praya, Kabupaten Loteng.

Penganugerahan gelar dengan sebutan 'Prawireng Jaye Bhuwane yang artinya Satria Sakti Mandraguna', yang mengayomi dan melindungi masyarakat di NKRI, dengan maksud sebagaimana pemimpin untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Sementara itu dalam sambutannya, KSAD menyampaikan rasa bangganya saat ini menjadi warga suku sasak termasuk gelar yang disematkan.

"Ini pertama kalinya, selama menjadi KSAD dan melakukan kunjungan ke daerah, diberi kehormatan dan dinobatkan oleh suku sasak, sehingga kehormatan ini merupakan kebanggaan," ujar Jenderal Dudung.

"Semoga kepemimpinan Gubernur dan Danrem yang saat ini menjabat dapat membawa kesejahteraan dan keamanan serta semakin kondusif di daerah NTB ini," tutupnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)
pixels