ICMI Desak Jokowi Bela Umat Islam yang Ditindas di India

Senin, 21 Februari 2022 - 12:14 WIB
loading...
A A A
"Saya berharap, Pemerintah RI melakukan langkah-langkah penting meyakinkan Pemerintah India melalui Dubes India untuk menghentikan ekstrimisme ini," katanya dalam keterangannya, Senin (14/2/2022).

Sudarnoto sangat kecewa dan sakit hati melihat tindakan brutal Pemerintah India terhadap warga minoritas Muslim di India. Ia menilai, tindakan brutal mayoritas terhadap muslim India melanggar HAM. "Bisa jadi komunitas agama lain yang menyadari dan mengerti betul tentang HAM akan terusik dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah India," ujarnya.

Sudarnoto menyebutkan, India yang saat ini dipimpin oleh kelompok ultranasionalis Hindu ekstrem hanya akan mempertontonkan kekejaman dan tindakan kekerasan terhadap minoritas Muslim di India yang disponsori oleh negara. Pemerintah India bukan hanya melakukan tindakan diskriminasi, kata dia, melainkan juga dengan jelas membangun, mengembangkan, dan memperkuat spirit Islamphobia.

Sudarnoto menyatakan, misi memberikan tempat, menghormati, dan melindungi hak warga negara telah dirusak secara sistematis melalui keputusan politik India yang ekstrem. Seharusnya, imbuh Sudarnoto, Pemerintah India belajar dari Indonesia yang mayoritas Muslim.

Namun, sangat toleran memberikan tempat bagi minoritas seperti Hindu dan agama lain. Bahkan, sambungnya, banyak candi Hindu, Buddha, kuil, klenteng, dan gereja diberi tempat dengan baik oleh umat Islam Indonesia. "India harus membuka mata dan hati bahwa orang Hindu tenang di Indonesia," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)