ICMI Desak Jokowi Bela Umat Islam yang Ditindas di India

Senin, 21 Februari 2022 - 12:14 WIB
loading...
ICMI Desak Jokowi Bela Umat Islam yang Ditindas di India
Wakil Ketua Umum ICMI Andi Anzhar Cakra Wijaya mendesak Presiden Jokowi bersikap terkait penindasan muslim di India. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Majelis Pimpinan Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (MPP ICMI) bersuara lantang terkait penindasan muslimIndia . ICMI pun mendesak Pemerintah Republik Indonesia agar mengambil sikap terhadap pembantaian dan penindasan kaum minoritas muslim di India.

"Kami (ICMI) meminta pemerintah agar memanggil Duta Besar India di Indonesia untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat muslim di Indonesia terkait hal tersebut (penindasan terhadap umat Islam di India)," kata Wakil Ketua Umum ICMI Andi Anzhar Cakra Wijaya dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/2/2022).

ICMI, kata Andi Anzhar, juga mendesak Presiden Jokowi memberi perhatian kepada umat muslim di India yang mengalami diskriminasi, penindasan dan kesewenang-wenangan oleh kelompok ultranasionalis Hindu ekstrem di negara Mahatma Gandi itu. "Ini sangat penting mengingat sebagai negara Islam terbesar di dunia. ICMI memandang Indonesia harus berperan aktif dan menunjukkan solidaritas terhadap saudara-saudara muslim di India yang saat ini mengalami penindasan. Maka dari itu, Pemerintah RI harus mengambil sikap yang berpihak pada umat Islam," kata putra mantan Jaksa Agung, Andi M Ghalib itu.



Waketum ICMI Bidang Politik, Hubungan Internasional, Hukum, dan Hak Asasi Manusia (HAM) ini menjelaskan, sikap arogansi dan kesewenang-wenangan yang dipertontonkan kelompok mayoritas ultranasionalis Hindu ekstrem itu telah melukai sekaligus mencoreng hubungan RI-India. Khususnya hubungan umat muslim India dan Indonesia.

"Hubungan umat muslim India dan Indonesia sudah terjalin sangat erat selama ini. Peristiwa penindasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia terhadap umat Islam di India telah mencoreng hubungan baik selama ini," kata mantan anggota DPR RI ini.

ICMI, tegas pria yang pernah menjadi President of Internasional Humanitarian Law Comittee atau Presiden Komisi Hukum Kemanusiaan Internasional saat bertugas di BKSAP (Badan Kerjasama Antar-Parlemen) DPR RI ini, menyerukan agar India menghentikan segala bentuk kekerasan fisik maupun psikis terhadap umat muslim di negara berpenduduk terbanyak nomor dua dunia itu.

Baca juga: Serangan Nasionalis Hindu pada Muslim Makin Parah, Demokrasi India Terancam Punah

"Sebab, jika terus melakukan penindasan terhadap umat muslim, maka India berarti telah merusak dan mengotori demokrasi serta perdamaian yang sejak dahulu diajarkan oleh Mahatma Gandhi yaitu misi penting universal declaration of human rights," kata mantan ketua DPW PAN DKI Jakarta itu.

Andi menandaskan, jangan sampai India dicap sebagai negara teroris karena terus memusuhi dan menindas umat Islam. "Jangan sampai juga, jadi pemicu negara-negara Islam lainnya di dunia untuk memerangi India," pria yang saat ini juga menjadi ketua dewan penasihat Forum Dewan Kota Provinsi DKI Jakarta yang Ketua Dewan Pembinanya Gubernur Anies Baswedan itu mengingatkan.

Tidak hanya ICMI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga bersuara keras terhadap India yang menindas umat Islam. Sebelumnya, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim juga meminta Pemerintah Indonesia membantu muslim India yang ditindas kalangan mayoritas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)