Jokowi Minta Basarnas Bergerak Cepat: Setiap Detik Sangat Berarti bagi Keselamatan Jiwa

Senin, 21 Februari 2022 - 11:36 WIB
loading...
Jokowi Minta Basarnas Bergerak Cepat: Setiap Detik Sangat Berarti bagi Keselamatan Jiwa
Presiden Jokowi meminta kepada Basarnas selalu hadir secara cepat untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau lebih dikenal Basarnas selalu hadir secara cepat untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat. Sebab, setiap detik sangat berharga untuk keselamatan warga.

"Basarnas harus segera hadir secara cepat untuk memberikan pertolongan. Setiap detik sangatlah berarti bagi keselamatan jiwa," kata Jokowi secara virtual dalam Rapat Kerja Nasional Basarnas, Senin (21/2/2022).

Jokowi menegaskan, negara Indonesia memiliki risiko tinggi bencana dan risiko kedaruratan kecelakaan, bencana alam, serta kondisi-kondisi lain yang membahayakan manusia. Maka dari itu, perlu kesiapsiagaan untuk mengantisipasi hal-hal tersebut.



"Karena itu kesiapsiagaan dan kewaspadaan sangat penting. Kita perlu tim SAR yang cepat tanggap, yang militan, yang mampu memberikan pertolongan yang cepat dan tepat terhadap kondisi yang memerlukan penanganan khusus, bencana tanggap darurat serta yang membahayakan manusia," kata Jokowi.

Presiden mengatakan bahwa tantangan dalam menghadapi situasi kedaruratan akan semakin besar ke depannya. Namun, dalam situasi apa pun pelayanan SAR harus sigap dan cepat untuk menyelamatkan setiap jiwa manusia. "Di mana pun, dalam situasi apa pun, setiap jiwa harus diselamatkan dari risiko bencana dan kedaruratan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Basarnas Gelar Pelatihan Water Rescue di Kota Parepare
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5181 seconds (0.1#10.140)