Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY

Rabu, 16 Februari 2022 - 06:06 WIB
loading...
Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY
Sejumlah tokoh meramaikan bursa capres 2024, beberapa di antaranya merupakan capres pilihan milenial dan gen Z berdasarkan sejumlah survei. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh meramaikan bursa capres 2024 . Beberapa di antaranya merupakan capres pilihan milenial dan gen Z berdasarkan sejumlah survei belakangan ini.

Diketahui, generasi milenial dan generasi Z akan meramaikan Pilpres 2024. Generasi milenial adalah mereka yang lahir sekitar awal 1977 sampai awal 1994, atau berusia sekitar 24 hingga 39 tahun.

Sedangkan generasi Z adalah mereka yang lahir di tahun 1995 sampai tahun 2012. Dua generasi ini dilibatkan ke dalam beberapa survei untuk menunjukkan siapa saja capres yang paling diminati.

Berdasarkan hasil Sensus Penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, jumlah populasi gen Z mencapai 75,49 juta atau 27,7% dari 270,2 total penduduk Indonesia. Sementara generasi milenial mencapai 69,90 juta atau sekitar 25,9% dari total penduduk. Berikut adalah daftar beberapa capres favorit milenial dan gen Z tersebut:





1.Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan ini digadang-gadang menjadi capres favorit pilihan generasi milenial dan generasi Z. Hal ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan Indopol Survey and Consulting pada 19-27 November 2021 lalu.

Prabowo mendapatkan persentase sebesar 13,58%. Sementara dari pertanyaan semi terbuka, Prabowo berhasil mendapatkan 15,75%.

Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY


Alasan kenapa Prabowo mendapatkan posisi teratas, karena para kaum milenial dan generasi z ini menginginkan pemimpin yang memiliki latar belakang TNI. Jumlah responden yang berpendapat demikian pun berkisar 19,69%.

Ketua umum Partai Gerindra ini mengungguli banyak hasil survei dari berbagai lembaga. Seperti di Indikator Politik Indonesia, Prabowo mengungguli kandidat lain dengan 24,1%. Dan berdasarkan hasil survei SMRC, Prabowo juga menduduki peringkat pertama dengan raihan 19,7%.



2.Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo menjadi tokoh nasional kedua yang menjadi pilihan generasi milenial dan generasi Z. Berdasarkan hasil yang dirilis oleh Indopol Survey and Consulting, Gubernur Jawa Tengah ini disukai oleh 76,97% responden dan dipilih oleh 15,75%.

Popularitas Ganjar Pranowo juga terlihat dalam hasil survei KedaiKOPI tentang “Pentingnya Capres Tenar Di Sosial Media?” pada 17-24 Januari 2022. Ganjar menjadi satu dari lima nama tokoh yang diumumkan dengan perolehan 79,2%, diikuti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno.

Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY


Diketahui, Ganjar Pranowo aktif dalam memanfaatkan media sosial yang digemari anak muda seperti platform YouTube, Instagram, Twitter, hingga membuat channel podcast di Spotify.



3.Anies Baswedan
Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada periode 2014-2016. Karena itulah, sosok Anies sejak dulu sudah tidak asing lagi di mata masyarakat.

Sepak terjangnya dalam dunia pendidikan membuat Anies dipercayai dan disukai oleh kalangan generasi Z dan kaum milenial. Tercatat berdasarkan hasil survei dari Indopol Survey dan Consulting, Anies menempati posisi tiga sebagai capres yang dikenal sebanyak 73,43%, disukai sebanyak 52,95%, dan dipilih sebanyak 13,58% responden.

Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY


Selain itu, dalam survei KedaiKOPI yang melibatkan 1.201 responden di 34 provinsi, Anies Baswedan dikenal publik dengan persentase sebanyak 83,7%. Di beberapa survei lainnya pun Anies kerap menempati posisi ketiga, setelah Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.



4.Sandiaga Uno
Berdasarkan hasil survei Indopol Survey Indonesia, Sandiaga Uno menempati posisi 4 sebagai capres favorit generasi milenial dan generasi Z. Persentase yang didapatkannya berkisar 92,32%, disukai sebesar 80,91%, dan dipilih sebesar 5,31%.

Politikus Partai Gerindra ini mendapatkan 83,7% suara sebagai tokoh yang populer di media sosial dari survei yang dilakukan lembaga survei KedaiKOPI. Sandiaga Uno kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY


Sebelumya, Sandiaga pernah memenangkan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 bersama Anies Baswedan. Namun, Sandiaga mengundurkan diri dari jabatan wakil gubernur DKI Jakarta pada 27 Agustus 2018 untuk mengikuti Pilpres 2019.



5.Ridwan Kamil
Meskipun elektabilitas Ridwan Kamil tidak sekuat calon-calon di atas, rupanya berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Center for Political Communication Studies (CPCS), terlihat bahwa dirinya merupakan kandidat favorit pilihan milenial dan generasi Z. Ia berada satu tingkat di bawah Ganjar Pranowo, dengan raihan sebesar 17,7%.

Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY


Selain itu, berdasarkan hasil yang dirilis Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, mayoritas anak muda juga memilih RK atau akrab disapa Kang Emil ini sebagai tiga besar dengan raihan persentase sebanyak 10,2%. Ridwan Kamil kini merupakan Gubernur Jawa Barat. Dia cukup aktif di media sosial untuk berinteraksi dengan kaum muda, bahkan pernah muncul dalam film Dilan sebagai cameo.



6.Agus Harimurti Yudhoyono
Putra mantan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini turut meramaikan bursa capres 2024. Dalam survei Indopol Survey, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperoleh suara sebesar 73,43%, disukai sebesar 52,95%, dan dipilih oleh 5,31% kaum milenial dan generasi Z.

Capres Pilihan Milenial dan Generasi Z: Anies, Sandi Uno, hingga AHY


Begitu juga dalam hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, AHY menempati posisi keenam dengan perolehan 4,1%. AHY adalah Ketua Umum Partai Demokrat. AHY mundur sebagai prajurit TNI Angkatan Darat (AD) pada September 2016 dengan pangkat terakhir mayor.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6989 seconds (0.1#10.140)