Bursa Capres 2024 Klaster Kepala Daerah, Anies dan Ganjar Bersaing Ketat

Selasa, 15 Februari 2022 - 14:16 WIB
loading...
Bursa Capres 2024 Klaster Kepala Daerah, Anies dan Ganjar Bersaing Ketat
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Sejumlah kepala daerah meramaikan bursa capres 2024. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersaing di papan atas.

Jelang Pilpres 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024, sejumlah lembaga survei telah mengeluarkan daftar nama yang masuk ke dalam bursa capres 2024. Di antara sejumlah nama itu, ada beberapa nama kepala daerah yang digadang-gadang menjadi kandidat terkuat berdasarkan raihan persentase yang didapatkannya dalam survei.

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo merupakan kepala daerah yang kerap berada di papan atas survei capres yang digelar sejumlah lembaga. Nama keduanya bersaing ketat dengan figur non-kepala daerah yakni Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Di luar nama Anies dan Ganjar, ada dua kepala daerah yang juga masuk bursa capres, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Namun, kedua tokoh ini berada di papan tengah dan papan bawah.

Berikut ini SINDOnews tampilkan elektabilitas capres 2024 klaster kepala daerah:

1. Anies Baswedan

Anies Baswedan menempati posisi teratas sebagai figur calon presiden 2024 dari kluster kepala daerah. Hal itu terungkap dalam hasil survei Lembaga KedaiKOPI, Minggu (19/12/2021).

Berdasarkan dokumen hasil survei KedaiKOPI, elektabilitas Anies pada klaster kepala daerah ini sebesar 37,4 persen, unggul atas Ganjar Pranowo yang meraih 34,5 persen.

Sementara, di urutan ketiga terdapat nama Ridwan Kamil 13,8 persen. Sementara, di urutan keempat ada nama Khofifah Indar Parawansa yang meraih angka 7,3 persen.



Survei Lembaga KedaiKOPI digelar di seluruh wilayah Indonesia pada 16-24 November 2021 dengan metode face to face interview atau home visit. Jumlah responden sebanyak 1.200 dan error sampling sebesar kurang lebih 2.83 persen pada interval kepercayaan 95.0 persen. Populasi responden yakni pemilih usia 17-65 tahun.

Suami Fery Farhati ini juga masih unggul dari tiga kepala daerah lainnya jika disandingkan dengan tokoh lainnya. Dalam survei lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) yang dirilis 14 Februari 2022, Anies berada di urutan kedua dengan 13,6 persen. Di posisi teratas Prabowo Subianto dengan 24,5 persen.

Tiga kepala daerah lainnya yakni Ganjar Pranowo sebesar 12,8 persen, Ridwan Kamil (6,1 persen), dan Khofifah Indar Parawansa 1,6 persen.

2. Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo memang berada di urutan kedua dalam survei capres klaster kepala daerah yang digelar KedaiKOPI. Namun, Ganjar kerap berada di ururan teratas dalam survei capres yang dilakukan Charta Politika Indonesia.

Secara umum, berdasarkan simulasi 10 nama capres potensial, elektabilitas Ganjar Pranowo berada di posisi nomor wahid dengan 28,2 persen, disusul Prabowo 23,8 persen. Selanjutnya, ada Anies Baswedan 19,6 persen.

Selanjutnya, Menparekraf Sandiaga Uno 5,8 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 5,8 persenm, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 2,8 persen. Kemudian ada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,1 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 1,8 persen, Ketua DPR Puan Maharani 1,1 persen, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 1,0 persen.

Survei ini digelar pada 29 November-6 Desember 2021. Jumlah total sampel sebanyak 1.200 orang responden. Sampel ditarik dengan metode multistage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Margin error survei ini sekitar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

3. Ridwan Kamil
Kerap berada di papan tengah survei capres, Ridwan Kamil tetap diperhitungkan menuju Pilpres 2024. Mantan Wali Kota Bandung ini bahkan kerap menghadiri acara partai, seperti Partai Amanat Nasional (PAN).

Ridwan Kamil menempati urutan pertama dalam survei Indonesian Politics Research and Cosulting (IPRC), menyalip Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut meraih persentase sebesar 9,2%.

Dalam survei Charta Politika, suami Atalia Praratya ini menempati posisi empat dari 20 kandidat dengan raihan persentase 5,4%.



4. Khofifah Indar Parawansa
Khofifah Indar Parawansa juga menjadi kepala daerah dengan probabilitas kemenangan tertinggi. Kehadiran Gubernur Jawa Timur dalam bursa capres 2024 ini mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak. Sebagai nama baru dalam bursa capres 2024, Khofifah yang juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini disebut menjadi kuda hitam yang berpotensi mengungguli kandidat lain.



Berdasarkan hasil survei Datasight Indonesia, yang melakukan simulasi terhadap tiga pasangan capres-cawapres dalam pemilihan mendatang, pasangan Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa meraih predikat sebagai pasangan dengan elektabilitas tertinggi, yaitu sebesar 34,90%. Lembaga The Republic Institute juga merilis survei pilihan masyarakat Jawa Timur. Khofifah meraih elektabilitas 3,2% dengan popularitas 97,8%.

Pilpres 2024 kurang dari dua tahun lagi. Keempat kepala daerah ini masih harus berpacu untuk terus meningkatkan elektabilitasnya agar bisa diusung parpol sebagai pemegang tiket pilpres.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)