Siak Terpusat Kemendagri Wujudkan Negara Hadir dan Mudahkan Masyarakat

Selasa, 15 Februari 2022 - 14:03 WIB
loading...
Siak Terpusat Kemendagri Wujudkan Negara Hadir dan Mudahkan Masyarakat
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyatakan salut atas kemajuan pelayanan administrasi dukcapil. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat telah diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Hal ini langsung mendapatkan respons positif pengamat birokrasi Varhan Abdul Aziz.



"Tetapi mengingat bahwa SIAK Terpusat itu hadir sebagai perkembangan dari Sistem Manajemen Informasi Kependudukan (SIMDUK) 1995, lalu berubah menjadi Sistem Informasi Registrasi Penduduk (SIREP) pada 2000 sebelum saat ini menjadi SIAK Terpusat," kata Varhan, Selasa (15/2/2022).



"Mungkin lebih bijak kalau kita menyebutnya sebagai hasil inovasi berkelanjutan, alias kaizen bagi bangsa Jepang. Padahal, dari produk 2000-an ke produk terakhir yang canggih itu, lompatan hasilnya benar-benar revolusioner," tambah Wakil Sekretaris Jenderal LSM Lumbung Informasi Rakyat (Lira) tersebut.

Menurut Varhan, kehadiran SIAK Terpusat akan makin memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi kependudukan atau Adminduk. Pasalnya, SIAK Terpusat memungkinkan pelayanan adminduk di berbagai daerah, bahkan di luar negeri dapat diintegrasikan. Dengan demikian, masyarakat dapat mengurus dokumen Adminduk, di mana pun dan kapan pun.

"Ini tentu memudahkan dan pas di era teknologi informasi, membuat Indonesia tidak menjadi negara pinggiran dalam perkembangan pelayanan publik, satu hal yang menandai kemajuan suatu bangsa," ucap Varhan.

Dengan kemajuan tersebut, Kemendagri akan mampu memberikan pelayanan publik yang lebih cepat dan lebih berkualitas.

"Kalau dalam bahasa pelayanan publik era ini, dengan SIAK Terpusat, Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil nyata-nyata telah membantu masyarakat merasakan kehadiran negara dalam kehidupan mereka bahkan dalam gengaman, hari per hari, jam demi jam, kapan pun diperlukan," jelas Varhan.

Apalagi tambah Varhan, bentuk hadirnya negara dalam hal ini pun penuh dengan kemudahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9416 seconds (0.1#10.140)