Jokowi Diminta Perkuat Ketahanan Digital Nasional

Kamis, 10 Februari 2022 - 15:58 WIB
loading...
Jokowi Diminta Perkuat Ketahanan Digital Nasional
Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta perkuat ketahanan digital nasional. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi belakangan ini tidak bisa lepas dari perkembangan dunia digital dengan beralihnya masyarakat realitas menuju menuju masyarakat siber (Cybers Society). Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta perkuat ketahanan digital nasional.

Ketua Komite Penyelarasan Teknologi Informasi Komunikasi (KPTIK) Dedi Yudiant menilai, Jokowi melihat betul peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ketika pandemi mengubah perilaku ekonomi masyarakat ke arah ekonomi digital lebih masif lagi. Jokowi sendiri memiliki target Indonesia Emas 2045 yang diwujudkan dengan membuat roadmap Indonesia Digital 2021-2024.

Roadmap tersebut disusun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai peta jalan yang terdiri dari empat pilar sektor strategis yaitu infrastruktur digital, tata kelola digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Presiden mencanangkan program yang disebut "Tol Langit" yang akan menghubungkan seluruh wilayah Indonesia dengan internet.



”Program ini sudah bagus karena bisa mengisi blank spot pelosok Indonesia yang tidak tercakup internet. Tetapi mengejar infrastruktur saja belum cukup karena belum ada masterplan TIK Terbaru dan pemberdayaan sumber daya manusia yang spesifik dalam menangkap peluang tersebut,” ucapnya, Kamis (10/2/2022).

Menurut dia, Indonesia saat ini baru pada tahapan edukasi digital dan pemberdayaan sumber daya masyarakat sebagai penggerak ekonomi sektor digital masih menjadi pekerjaan rumah pemerintahan Jokowi. Padahal, masterplan TIK dan pemberdayaan sumber daya masyarakat sangat penting untuk ketahanan TIK nasional agar produktif dan terarah.



Selain itu, saat ini Indonesia masih jauh kurikulum pendidikan TIK yang komprehensif dan menyentuh esensi yang diharapkan dunia kerja dan industri bahkan pasca pandemi nanti. Alhasil, masih banyak masyarakat Indonesia yang gagap dengan fenomena teknologi yang baru masuk.

”Contohnya, saat fenomena sederhana NFT Ghozali Everyday yang viral, di mana masyarakat ikut-ikutan mengirim foto ke platform OpenSea tanpa ada pemahaman bagaimana mengelola teknologi tersebut. Pandemi Covid-19 juga mendesak masyarakat yang tadinya gagap teknologi untuk belajar teknologi secara otodidak dan ini yang membuat kondisi literasi digital masyarakat masih sangat jauh dari kata sempurna,” katanya.

Menurut dia, target Indonesia Emas 2045 Presiden Jokowi juga harus selaras dengan ekonomi kerakyatan dan bonus demografi yang digaung-gaungkan. Pemerintah pusat dan daerah sendiri masih sporadik dalam menyikapi ekonomi digital yang ada di desa. Padahal dengan produk unggulan di setiap desa, potensi ekonomi digital ini bisa menjadi akselerator ekonomi Indonesia, sebab 97% ekonomi nasional digerakan oleh UMKM yang mayoritas ada di pedesaan.

”Hadirnya Tol Langit dan 4G di tiap desa merupakan peluang yang luar biasa, atau malah bisa menjadi petaka yang tidak terhindarkan masuknya elemen asing ke setiap rumah warga desa,” ucapnya.

Mendigitalisasi UMKM di desa-desa akan memberikan dampak ekonomi bukan hanya skala kecil tetapi nasional. Selama dua tahun terakhir pandemi Covid-19 telah membuka mata bagaimana ekonomi digital dan UMKM berperan menyokong ekonomi nasional selama krisis.



Ekonomi digital dilihat sebagai masa depan sehingga pemerintah menargetkan digitalisasi Indonesia satu dekade ke depan. Namun, sayangnya masih ada celah dalam rencana ini, yakni minimnya SDM yang menguasai literasi digital terutama di desa-desa dan belum adanya masterplan TIK nasional secara spesifik.

”Selain itu, Road Map Indonesia Digital 2021-2024 juga belum memuat koordinasi antarlembaga atau kementerian secara spesifik. Termasuk tidak adanya Chief Information Officer (CIO) dari pemerintah pusat untuk masterplan TIK yang bertujuan menguatkan ketahanan digital nasional. Ini sebagai masalah yang mesti diperhatikan,” paparnya.

Sejak jauh hari dia mengaku sudah menggagas Warung Kopi Digital (Warkop Digital) bekerja sama dengan Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah. Visi Warkop Digital adalah untuk menciptakan SDM yang menguasai perkembangan digital hingga membuka usaha digital di desa-desa dengan langkah sederhana. Program ini nantinya akan menjadi motor penggerak ekonomi digital di pedesaan.

Warkop Digital adalah digital hub yang akan menyeleraskan ekonomi desa dan kota dengan memasarkan komoditas unggulan desa ke kota atau sebaliknya, serta menciptakan talenta-talenta digital di desa yang akan menjadi Pejuang Digital Rakyat Indonesia sesungguhnya.

Selain itu, Warkop Digital dengan Cybers Academy juga mempersiapkan sumber daya manusia yang akan menjawab permintaan talenta digital dunia kerja karena melihat celah pendidikan akibat kurikulum yang terus berubah dan tidak konsisten, sementara jaringan 4G telah merata di seluruh desa.

Hal lain penting lainnya untuk pemerintah pusat yang sudah memulai kerja nyata menuju digitalisasi Indonesia, kata dia, agar menyentuh masalah yang paling fundamental yakni mengubah masyarakat dari level konsumen digital menjadi inovator produk digital atau minimal pelaku digital.

”Apalagi banyak startup-startup Indonesia yang tadinya digadang menjadi Unicorn atau Decacorn dijual ke tangan asing ketika valuasi mereka naik sehingga kita kehilangan momentum menghasilkan produk-produk digital yang inovatif yang benar-benar karya anak bangsa,” katanya.

Melihat masalah di atas, sambung dia, masih banyak pekerjaan rumah Jokowi yang harus diselesaikan, terutama memberdayakan talenta-talenta digital di pedesaan atau membuat kebijakan masterplan TIK yang terarah dan jelas agar tidak lagi menjadi bangsa konsumen produk digital, tetapi juga mampu menciptakan produk digital yang inovatif atau menjadi pelaku digital yang memiliki literasi digital yang baik.

”Diharapkan Presiden Jokowi menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut sehingga memberikan warisan fundamental dalam kemajuan dunia digital Indonesia sebelum selesai masa jabatan,” harapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)