Resmi Dilantik, Koordinator Satupena di 34 Provinsi Ditugasi Bangun Kota Literasi

Kamis, 10 Februari 2022 - 13:42 WIB
loading...
Resmi Dilantik, Koordinator Satupena di 34 Provinsi Ditugasi Bangun Kota Literasi
Ketua Umum Persatuan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 34 koordinator Persatuan Penulis Indonesia Satupena di 34 provinsi resmi dilantik bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN), Rabu (9/2/2022). Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Persatuan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA.

Para koordinator yang dilantik diberi tugas untuk membangun The City of Literature (kota literasi) di wilayah masing- masing. Hal ini terinspirasi The City of Literatur miliki Unesco, PBB, istilah untuk kota yang kaya dengan sumber daya literasi.

Menurut Denny JA, Indonesia perlu The City of Literature versi sendiri. Karena itu, pengurus Satupena yang baru saja dilantik diminta ikut mengembangkan wilayahnya menjadi kota literasi.

Baca juga: Satupena Disahkan Menkumham, Denny JA: Tenda Besar untuk Penulis

"Bayangkanlah itu. Di 34 provinsi, dari Aceh hingga Papua, tumbuh kota penulis dan budaya kreatif," katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Dalam bayangan Denny JA, seiring dengan hiruk pikuk dunia perdagangan dan politik, di kota tersebut juga semarak kegiatan para penulis dan penuh dengan aneka kegiatan budaya kreatif. Di taman kota berkumpul beberapa orang membaca sajak. Warga yang lalu lalang rileks sejenak menikmati baca puisi dan tak lupa memberikan tips di nampan kecil.

Kota literasi juga memiliki beberapa perpustakaan. Mulai dari remaja hingga warga senior ramai di perpustakaan. Mereka membagi cerita dan kisah dari buku yang baru saja selesai dibaca.

"Setiap bulan, ada kegiatan dari komunitas penulis. Mereka mendiskusikan buku terbaru dan relevansinya bagi hidup mereka atau mereka membuat lomba menulis, atau mereka membuat pameran buku kuno yang mempengaruhi kota mereka," kata Denny JA.

Kantong-kantong budaya kreatif juga tumbuh. Di beberapa tempat, di pinggir jalan yang dibolehkan, ada yang bermain gitar dan bernyanyi. Kuliner di kota itu juga murah dan gurih. Media khusus untuk seni meliput banyak kegiatan budaya. Diskusi film, pameran lukisan, pertunjukan drama juga mewarnai.

Baca juga: Berkarya melalui Menulis, Satupena Berikan Penghargaan untuk 12 Penulis Nasional

"Imajinasi itu yang menghampiri saya ketika melantik koordinator Persatuan Penulis Indonesia Satupena di 34 provinsi dan koordinator di 7 pulau, bulan Febuari 2022," ujarnya.

Sebagai tahap awal, Denny menyarankan kepada koordiantor Satupena untuk memulai dengan mengembangkan WA Group penulis di masing-masing provinsi. Di setiap provinsi diupayakan terkumpul minimal 100 penulis. Setelah itu, para koordinator membuat kegiatan yang menumbuhkan komunitas penulis. Misalnya deklarasi pengurus Satupena yang dibalut dalam acara buku dan musik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)