Kejagung Periksa 2 Saksi Terkait Korupsi LPEI 2013-2019

Selasa, 08 Februari 2022 - 00:16 WIB
loading...
Kejagung Periksa 2 Saksi Terkait Korupsi LPEI 2013-2019
Gedung Kejaksaan Agung RI. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung ( Kejagung ) melakukan pemeriksaan terhadap dua orang saksi terkait dengan kasus dugaan korupsi pada Penyelenggaraan Ekspor Nasional oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia ( LPEI ) pada tahun 2013-2019, Senin 7 Februari 2022. Hal demikian disampaikanKepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak.

"Senin 07 Februari 2022, Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung melakukan pemeriksaan terhadap dua orang saksi yang terkait dengan dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Tahun 2013-2019," kata Eben Ezer dalam keterangannya, Senin 7Februari 2022.

Eben Ezer mengungkapkan, adapun saksi-saksi yang diperiksa TW, selaku Supervisor KJPP Asmawi dan Rekan, diperiksa terkait penilaian aset salah satu debitur LPEI; dan AA selaku Penanggung Jawab pada KJPP Nana, Imaduddin dan Rekan, diperiksa terkait penilaian aset salah satu debitur LPEI.

Dia menjelaskan, pemeriksaan terhadap dua saksi ini dilakukan guna kepentingan pwnyidikan terhadap kasus penyelenggaraan pembiayaan ekspor oleh LPEI.



"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional oleh LPE," terangnya.

Eben Ezer menambahkan, pemeriksaan ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

"Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan mengikuti secara ketat protokol kesehatan antara lain dengan menerapkan 3M," tandas Eben Ezer.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4668 seconds (0.1#10.140)