Sertijab Dankormar, KSAL: Marinir Terbukti Memiliki Loyalitas Tinggi

Senin, 07 Februari 2022 - 13:48 WIB
loading...
Sertijab Dankormar, KSAL: Marinir Terbukti Memiliki Loyalitas Tinggi
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memimpin sertijab Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono kepada Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Foto/Pen Kormar
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan, sejarah Korps Marinir membuktikan bahwa Marinir memiliki loyalitas tinggi, tegak lurus.

”Sebagai bagian dari TNI dan TNI AL, Marinir terbukti memiliki loyalitas tinggi, tegak lurus sesuai Komando yang diberikan satuan atas. Sebagai Kotama Operasi, penggunaan kekuatan Marinir sesuai perintah Panglima TNI, tetapi di dalam pembinaan di bawah Kepala Staf Angkatan Laut,” ujarnya seusai memimpin sertijab Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono kepada Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di Markas Komando Korps Marinir, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Jakarta Pusat, Senin (7/2/2022).



Menurut Yudo, sejak 2019, Korps Marinir sudah berstatus sebagai Kotama Ops dan Bin. Ke depan pihaknya akan terus membina kemampuan dan kekuatan Korps Marinir sehingga menjadi satuan yang modern dan professional. ”Sedangkan penggunaan kekuatannya oleh Panglima TNI baik untuk tugas-tugas Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang,” ucapnya.



Terkait modernisasi peralatan dan persenjataan Korps Marinir, Yudo mengatakan, secara bertahap alutsista akan terus dibenahi dan dimodernisasi. “Ke depan, Korps Marinir harus memiliki peralatan dan persenjataan yang modern. Kita sudah mengajukan ke Kemhan untuk memodernisasi peralatan dan persenjataan Korps Marinir yang sudah tua,” imbuhnya.



Upacara sertijab Dankormar dilaksanakan dengan upacara militer sederhana di bawah pimpinan Komandan Upacara Kolonel Marinir Danuri yang sehari-hari menjabat Asops Danpasmar 1. Sedangkan untuk kesatuan upacara terdiri dari Kelompok Pataka Korps Marinir, Korps Musik (Korsik), dan tujuh peleton pasukan upacara perwakilan dari pasukan khusus, Rumkitalmar Cilandak, Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3, Brigif 4 Marinir, dan PNS. Untuk material pendukung dikerahkan beberapa unit Radar Huges, BTR 4, Twin Gun, Rantis ATAV, Sea Reader, Roket Multi Laras Vampire.

Seperti diketahui, Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto sebelumnya menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL, sedangkan Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono selanjutnya menjabat Komandan Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) di Surabaya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2500 seconds (0.1#10.140)