HUT ke-14, Gerindra Banjir Ucapan dari Warganet

Minggu, 06 Februari 2022 - 14:44 WIB
loading...
HUT ke-14, Gerindra Banjir Ucapan dari Warganet
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto merayakan ulang tahun ke-14 Partai Gerindra pada Minggu (6/2/2022). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra hari ini merayakan HUT ke-14. Sekalipun tidak ada acara akbar yang digelar, tetapi momen ini menjadi trending topic di Twitter.

Berdasarkan hasil pantauan di Twitter hingga siang ini, semarak HUT ke-14 Partai Gerindra diwarnai dengan membumbungnya "Kerja Mengabdi untuk Bangsa" dan "14 Tahun Partai Gerindra" secara berurutan menjadi topik terpopuler nomor satu dan dua.

Akun @AldaAlves18, misalnya. Dia turut memeriahkan dirgahayu Gerindra di Twitter karena di dalam cuitannya memasukkan kedua frasa tersebut. "Emang pas. Kerja melaksanakan konstelasi sosial dan politik Indonesia yang kondusif karena visi Prabowo Subianto memastikan kedaulatan dan kemakmuran," kicaunya.



Apresiasi juga disampaikan akun @olivia_naraya. Kicauannya pun menyolek akun @prabowo dan @Gerindra. "Keren visi Prabowo Subianto menjalankan pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh bangsa Indonesia dengan senantiasa berpegang teguh pada kemandirian," Cuitnya.



Untuk diketahui, Partai Gerindra lahir pada 6 Februari 2008. Nama Gerindra, yang kependekan dari Gerakan Indonesia Raya dicetuskan Hashim Djojohadikusumo dan Prabowo Subianto menciptakan lambangnya berupa kepala Burung Garuda.

Sejak pertama berdiri, Partai Gerindra telah berpartisipasi dalam tiga pemilihan umum (pemilu) sejak 2009 hingga 2019. Perolehan suaranya di DPR pun terus melonjak seiring bertambahnya usia bahkan masuk tiga besar dalam dua "pesta demokrasi" terakhir.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009, Partai Gerindra hanya meraih 26 dari total 560 kursi atau sekitar 4,5%. Kemudian, bertambah menjadi 73 dari 560 kursi sekitar 11,81% pada 2014 dan pada 2019 menjadi 78 dari total 575 kursi sekitar 13,57%.

Tidak sekadar itu, Partai Gerindra juga selalu mencalonkan kadernya dalam tiga pemilihan presiden (pilpres) secara berturut-turut. Lantaran sekarang berkoalisi dengan pemerintah, maka Partai Gerindra berhasil menempatkan dua kadernya sebagai pembantu presiden. Mereka adalah Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Partai Gerindra termasuk yang tergolong minim dari kasus korupsi. Berdasarkan data Indonesia Corruption Watch (ICW) tentang anggota DPR periode 2014-2019 dari total 23 anggota dewan tidak ada satu pun kader Gerindra yang ditersangkakan oleh KPK.

Gerindra pun dinobatkan sebagai partai politik "Paling Informatif" oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) pada November 2020. Pangkalnya, selalu menyediakan informasi paling mutakhir dan melayani publik dalam memenuhi permohonan informasi yang dibutuhkan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)