IKN Nusantara di Dekat Laut Cina Selatan, KSAL Akui Jadi Tantangan

Kamis, 03 Februari 2022 - 16:32 WIB
loading...
IKN Nusantara di Dekat Laut Cina Selatan, KSAL Akui Jadi Tantangan
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono saat meresmikan Koarmada RI di Pondok Dayung Jakarta Utara, Kamis (3/2/2022) pagi. FOTO/MPI/RIEZKY MAULANA
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan pihaknya berkomitmen mengamankan wilayah perairan yang berdekatan dengan Ibu Kota Negara ( IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Lokasi IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara tidak jauh dari Laut Cina Selatan (LCS) yang rawan konflik.

"Yang jelas tentunya organisasi TNI dibangun pasti untuk menjawab berbagai macam tantangan. Kalau untuk Angkatan Laut ini, pertahanan laut. Tentunya dengan perkembangan situasi yang ada pada saat ini, tentunya sudah bukan rahasia lagi bahwa situasi di LCS itu akan menjadi tantangan kita bersama," ujar Yudo Margono kepada awak media usai meresmikan Koarmada RI di Pondok Dayung Jakarta Utara, Kamis (3/2/2022) pagi.

Menurutnya, masyarakat sudah mengetahui bahwa titik rawan perairan Indonesia ada di wilayah barat adalah Laut Natuna, Selat Malaka, Selat Singapura, kemudian berbatasan dengan India, dan di timur ada di Ambalat, Pasifik, kemudian di Laut Arafuru.



"Sehingga dengan adanya berbagai tantangan-tantangan ini Koarmada RI dibentuk. Konsep Koarmada RI ini mobile. Jadi tidak perlu harus menetap di IKN Nusantara. Jadi di mana ada ancaman di situ, kekuatan ini yang bergerak menyikapi ancaman yang ada. Sama dengan Koarmada I misalnya, yang nantinya akan saya geser kemungkinan ke Kepri. Karena ancamannya di sana semua," kata Yudo Margono.

Dalam perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), hanya Mabes AL yang akan didirikan di IKN Nusantara. Sedangkan Koarmada RI belum direncanakan untuk dibangun.

"Sehingga dengan radius ancaman ini akan lebih efektif bagi kita menggerakkan alutsista yang ada. Di sana sudah ada Lanudal, sudah ada Pangkalan Kapal Cepat, dan Kapal Ranjau. Di sana juga sudah ada fasilitas perawatan kapal di Tanjung Uban, sehingga nanti akan kita pertimbangkan lagi untuk menggeser Koarmada I. Koarmada RI menetap di Jakarta, Koarmada I yang kita geser. Sama dengan Koarmada III yang ada di Sorong Papua, itu sudah pas lokasinya," kata Yudo Margono.

Baca juga: Desain IKN Nusantara Tahap I Rampung, Begini Gambarannya
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)