Covid-19 Meningkat, Mendagri Sebut Vaksinasi dan Prokes Kuncinya

Kamis, 03 Februari 2022 - 15:00 WIB
loading...
Covid-19 Meningkat, Mendagri Sebut Vaksinasi dan Prokes Kuncinya
Mural lawan Covid-19. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Masyarakat diminta tidak panik menyikapi meningkatnya kasus Covid-19 di Tanah Air saat ini. Mengikuti program vaksinasi Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) menjadi kunci dalam mencegah penularan Covid-19.

“Apa pun juga variannya, apa pun juga penularannya, nomor satu adalah protokol kesehatan. Jadi pakai masker, itu tolong tekankan betul berulang-ulang, pakai masker nomor satu,” kata Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Muhammad Tito Karnavian melalui keterangan tertulisnya, Rabu (2/2/2022).

Sama halnya terkait dengan beberapa temuan kasus Omicron di Indonesia, Mendagri kembali meminta masyarakat untuk tidak panik. Lagi-lagi Mendagri meminta masyarakat agar mengenakan masker secara benar.





"Jangan gambling, kita tidak perlu panik, tapi yang kita lakukan adalah penguatan protokol kesehatan, terutama pakai masker," tegasnya.

Sebab, penggunaan masker dinilai menjadi bagian penting dalam pencegahan penularan Covid-19. "Dengan adanya Omicron ini, maka strategi kita adalah selain pengetatan protokol kesehatan, terutama pakai masker," ujarnya.

Selain memperketat protokol kesehatan, dia juga meminta kepala daerah untuk mempercepat vaksinasi. Menurutnya, upaya ini perlu kolaborasi dan sinergisitas semua pihak untuk akselerasi vaksinasi.

Meski telah mengeluarkan kebijakan vaskin booster secara gratis bagi masyarakat, pemerintah tetap menekankan prioritas pemberian vaksinasi bagi yang belum divaksin. "Selain itu, masyarakat juga diharapkan mendukung upaya pemerintah dalam ikhtiar menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity untuk menghadapi pandemi Covid-19 dan beberapa variannya," katanya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)