Eks Anggota Al Qaeda: Radikalisme dan Terorisme Lahir Akibat Salah Memahami Agama

Sabtu, 29 Januari 2022 - 01:16 WIB
loading...
Eks Anggota Al Qaeda: Radikalisme dan Terorisme Lahir Akibat Salah Memahami Agama
Eks militan Al-Qaeda, Sofyan Tsauri, menjelaskan salah satu faktor penyebab lahirnya radikalisme dan terorisme karena pemahaman yang salah terhadap agama. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Eks militan Al-Qaeda, Sofyan Tsauri, menjelaskan salah satu faktor penyebab lahirnya radikalisme dan terorisme karena pemahaman yang salah terhadap agama.

Sofyan mengatakan, hal tersebut terjadi lantaran belajar tak menggunakan sanad yang kuat dan memiliki guru yang tidak kredibel. "Maka betul apa yang dibicarakan Syekh Yusuf Al Qaradhawi bahwa biang daripada ekstremesme, terorisme, radikalisme itu adalah literasi beragama,” kata Sofyan dikutip dari laman MUI, Jumat (28/1/2022).

Baca juga: MUI Sebut BNPT Tidak Menstigma Pondok Pesantren

Mantan narapidana terorisme ini menyebutkan perilaku toleransi dan menghargai sesama manusia menjadi nilai dasar yang perlu dijaga agar terhindar dari terorisme dan ekstremisme. Sofyan menuturkan, seorang yang intoleran dan radikal belum tentu seorang teroris. Namun, semua teroris berangkat dari intoleran.

Baca juga: Dorong Deradikalisasi Dunia Maya, Perindo: TNI-Polri hingga BNPT Harus Berjalan Bersama

"Dalam menangani fenomena sosial di masyarakat kita tidak bisa hitam putih, hari ini kita melihat syariat Islam itu seperti melihat matematika hitam putih,” ungkapnya.



Sofyan menyebut, pemahaman yang salah terhadap ajaran agama ini terus berulang. Di mana dahulu pernah muncul kaum khawarij. Sofyan mengutip Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fath al-Bari yang menyebut metodologi utama kelompok takfiri dari zaman ke zaman yaitu mereka mengafirkan akan sebab dosa dan meyakini sebuah dosa yang sebetulnya bukan dosa.

"Salah apa pendiri bangsa ini ketika menerima konsep Piagam Jakarta dan Pancasila lalu dihukumi kekafiran?,” pungkasnya.

(cip)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2813 seconds (11.252#12.26)