Khotbah di Masjid Istiqlal, Mahfud MD Bicara tentang Hukum dan Keadilan

Jum'at, 28 Januari 2022 - 14:16 WIB
loading...
Khotbah di Masjid Istiqlal, Mahfud MD Bicara tentang Hukum dan Keadilan
Menurut Mahfud adil dalam aturan hukum seharusnya menjadi tanggung jawab pembuatan kebijakan pemerintahan. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hukum adalah salah satu instrument untuk menegakkan keadilan. Tetapi menegakkan hukum tidak selalu sama dengan menegakkan keadilan. Hal ini disamapaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat memberikan khutbah Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, Jum'at (28/1/2022).

"Menegakan hukum tidak selalu sama dengan keadilan. Ada hukum belum tentu ada keadilan. Bangun keadilan itu di pengadilan, tapi terkadang keadilannya bisa diatur, prosesnya bisa diatur. Hingga tidak ada lagi keadilan di pemerintahan," kata Mahfud di hadapan ratusan jamaah salat Jumat.



Mahfud menambahkan, bahwa seharusnya adil dalam aturan hukum harus ada di dalam pembuatan kebijakan pemerintahan.

"Adil dalam aturan hukum harus ada dalam pembuatan kebijakan pemerintahan. jika tidak ada, akan ada kesewenang-wanangan serta pengabaian hak masyarakat secara korup. Ketika pengadilan banyak yang tidak adil karena mafia hukum, hukum akan tumpul ke atas dan tajam ke bawah," Tegas Mahfud.



Adapun jika mengacu pada ajaran Agama (islam) dan Al-Qur’an, banyak amanah dan perintah dari Allah SWT agar manusia berlaku adil dan menegakan keadilan.

"Dalam Al-Qur’an banyak amanah dan perintah dari Allah SWT bahwa kita sebagai manusia harus adil dan menegakan keadilan. Untuk memberihkan keadilan banyak jalan. Yaitu dengan menerapkan keadilan hukum, atau hukum yang berkeadilan," ucap Mahfud.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)