Capres Gagal di Pilpres 2024 Bisa Maju Pilkada, Bagaimana Etikanya?

Jum'at, 28 Januari 2022 - 13:52 WIB
loading...
Capres Gagal di Pilpres 2024 Bisa Maju Pilkada, Bagaimana Etikanya?
Calon presiden (capres) yang gagal di Pilpres 2024 bisa maju menjadi kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tahun yang sama. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Calon presiden ( capres ) yang gagal di Pilpres 2024 bisa maju menjadi kandidat Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) di tahun yang sama. Sebab, tidak ada aturan yang melarangnya.

Lalu, jika demikian, bagaimana secara etikanya?

"Secara etika, tak akan terlalu bermasalah. Karena aturan membolehkan dan biarkan rakyat yang pilih dan tentukan," kata Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin kepada SINDOnews kepada SINDOnews, Jumat (28/1/2022).

Dia mengatakan bahwa dalam politik semua serba bisa dan mungkin. "Tak ada yang tak mungkin dalam politik," tuturnya.

Sehingga, bisa saja ada capres yang gagal di Pilpres 2024 kemudian maju ke pilkada di tahun yang sama. Namun, dia menilai belum kelihatan siapa saja capres yang potensial kalah di Pilpres 2024 kemudian maju ke pilkada di tahun yang sama.





Sebab, kata dia, siapa yang bakal menjadi capres dan cawapres 2024 masih belum kelihatan. "Di setiap kontestasi politik membutuhkan rupiah yang banyak. Apalagi ikut dua kontestasi, tentu harus siapkan rupiah double," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai bisa saja ada capres yang gagal di Pilpres 2024 kemudian maju ke pilkada di tahun yang sama jika pendaftaran calon kepala daerah dibuka setelah proses pilpres selesai. Namun, jika tahapan pilkada lebih cepat dari proses pilpres, hal tersebut tidak akan mungkin bisa dilakukan.

Selain itu, menurut dia, tokoh-tokoh potensial di daerah yang populer belum tentu berkesempatan ikuti pilpres. "Nama-nama yang mungkin peluangnya lebih besar di Pilkada semisal Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, atau tokoh lain yang memang tidak terusung di pilpres," kata Dedi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4214 seconds (0.1#10.140)