Lewat Operasi Rahasia, Indonesia Bebaskan 3 WNI yang Diculik Bajak Laut

Kamis, 11 Juni 2020 - 22:16 WIB
loading...
Lewat Operasi Rahasia, Indonesia Bebaskan 3 WNI yang Diculik Bajak Laut
Pemerintah Indonesia berhasil membebaskan tiga WNI yang diculik bajak laut di perairan Gabon. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia berhasil membebaskan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang diculik bajak laut di perairan Gabon. Ketiganya bisa bebas berkat operasi rahasia yang dilaksanakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Abuja, Korea Selatan serta KBRI di Paris dan Konsulat Kehormatan Gabon dan Niger.

Para WNI dilepas di Calabar, Nigeria dan setelahnya dibawa ke safe house atau rumah perlindungan di Abuja, sambil menunggu penerbangan ke Indonesia. "Alhamdulilah sekarang sudah di wisma Indonesia di Abuja. Setelah landing (mendarat) di Abuja, Nigeria, teman-teman eks sandera sujud syukur. Cukup mengharukan melihat mereka kembali menikmati kebebasan," ujar Dubes RI untuk Nigeria, Usra Hendra Harahap, Kamis (11/6/2020).

Sementara menurut Kementerian Luar Negeri (Kemlu), tiga WNI diculik perompak sekitar satu bulan yang lalu. "Ada tiga WNI yang diculik pada 3 Mei 2020, bersama dengan dua warga negara Senegal dan satu warga Negara Korsel," ujar Direktur Perlindungan WNI (PWNI) Kemlu, Judha Nugraha. (Baca juga: RI Sesalkan Kembali Terjadinya Penculikan WNI di Perairan Sabah)

Para WNI diculik dan disandera, saat bekerja di kapal ikan berbendera Senegal. "Mereka dibebaskan pada 8 Juni lalu," ucapnya.

Selain pemerintah, pembebasan para WNI ini juga berkat kerja sama dengan pemilik kapal. Saat ini ketiganya dalam kondisi sehat. "Mereka saat ini ada dalam kondisi sehat, kita sedang upayakan proses pemulangan ke Indonesia," tandas Judha.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)