Pesta di Istana telan Rp7,8 M

Selasa, 14 Agustus 2012 - 10:09 WIB
Pesta di Istana telan Rp7,8 M
Pesta di Istana telan Rp7,8 M
A A A
Sindonews.com - Istana Kepresidenan tengah berhias menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-68. Tampak gedung Istana Negara, Istana Merdeka, dan sekeliling pagar Istana mulai dipasangani bendera merah putih.

Ratusan meter tenda pun mulai terpasang dari pintu masuk Gedung Sekretariat Negara hingga ke bagian depan Istana. Di tengah komplek Istana, juga sudah didirikan tenda megah untuk resepsi Jumat 17 Agustus 2012 malam.

Di luar dugaan, acara seremonial kenegaraan itu menghabisakan dana rakyat sekira Rp7,8 miliar. Anggaran yang sangat besar tersebut, dihabiskan hanya untuk kegiatan tahunan?

Kordinator Investigasi dan Advokasi Sekretariat Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) Uchok Sky Khadafi mengaku sangat terkejut dengan tingginya anggaran yang digelontorkan dalam kegiatan itu.

"Ini sungguh-sungguh luar biasa dan fantastis. Hanya untuk sebuah acara seremonial kenegaraan, menghabiskan biaya sampai Rp7,8 miliar," ujar Uchok dalam rilis yang diterima, Selasa (14/8/2012).

Peringatan kemerdekaan yang harusnya dimaknai renungan mendalam, justru diciderai dengan ulah para pejabat tinggi negara yang selalu mengatasnamakan rakyat dalam menghamburkan uang negara.

"Beli pesawat kepresidenan dengan utang luar negeri. Masih banyak orang miskin lantaran sumber daya alam masih dikuasai oleh elit politik di pusat daripada oleh negara sendiri," terangnya.

Uchok membeberkan, dari anggaran Rp7,8 miliar tersebut, paling banyak dialokasikan untuk pengadaan souvenir di lingkungan Istana Kepresidenan sebesar Rp1,7 miliar. Kedua, sewa pemakaian AC standing floor, misting fan, cooling fan, CCTV dan camera shooting sebesar Rp1,1 miliar.

"Ketiga, sewa pemasangan dan pembongkaran tenda, plampang (flooring), kursi dan meja dalam rangka acara resepsi kenegaraan sebesar Rp829 juta. Keempat, pekerjaan pembuatan dekorasi rangkaian bunga berikut pembongkarannya sebesar Rp818 juta," ungkapnya.

Kelima, pengadaan pakaian sipil lengkap (PSL) pejabat teras, pejabat eselon III dan IV, dan pegawai/petugas perbantuan sebesar Rp778 juta. Keenam, sewa pemakaian sistem tata suara (sound system) sebesar Rp629 juta.

Ketujuh, penyediaan makanan dan minuman sebesar Rp440 juta dan pekerjaan pengadaan jamuan snack box sebesar Rp180 juta. Kedelapan, pembuatan, pemasangan dan pembongkaran baliho sebesar Rp431 juta, dan pengadaan bendera dan umbul-umbul sebesar Rp241 juta.

"Kesembilan, pemasangan rak CCTV, pembuatan sketsel dan dinding partisi gudang sponsor sebesar Rp241 juta. Terakhir, pengadaan barang cetakan sebesar Rp186 juta," tutupnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2497 seconds (0.1#10.140)