Mutasi TNI, 3 Jenderal Eks Perisai Hidup Jokowi Promosi Bintang 3

Minggu, 23 Januari 2022 - 05:30 WIB
loading...
Mutasi TNI, 3 Jenderal Eks Perisai Hidup Jokowi Promosi Bintang 3
Tiga mantan Danpampres mendapatkan promosi pangkat ke bintang tiga. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kembali merombak perwira tinggi (pati) di lingkungan TNI. Menariknya, dalam mutasi pati kali ini terdapat tiga mantan komandan Paspamres yang dipromosikan untuk mengisi jabatan level bintang 3.

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Dalam SK ini, Andika memutasi 328 pati dari tiga matra.

“Sebanyak 28 di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI (diamanatkan dalam Perpres no. 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI) seperti Komando Armada TNI AL, Komando Operasi Udara Nasional TNI AU, Pusat Psikologi TNI, Pusat Pengadaan TNI dan Pusat Reformasi Birokrasi TNI,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Prantara Santosa, Minggu (22/1/2021).



Prantara melanjutkan, berdasarkan mutasi terbaru ini terdapat 10 jabatan yang diisi pati bintang 3. Enam di antaranya promosi dari bintang 2. Dari enam orang ini, tiga orang pernah sama-sama menjadi perisai hidup Presiden Joko Widodo (Danpaspampres).

Mereka yakni Mayjen TNI (Mar) Suhartono (Danpaspamres 2017-2018), Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (2018-2020), dan Mayjen TNI Agus Subiyanto (2020-2021). Maruli yang saat ini menjabat Pangdam IX Udayana dipromosikan sebagai Pangkostrad.

Berikut 6 jenderal bintang 2 promosi bintang 3:

1. Pangkogabwilhan 3 Mayjen TNI Nyoman Cantiasa.
Mayjen Nyoman Cantiasa dipromosikan dari Pangdam XVIII/Kasuari sebagai Pangkogabwilhan 3 menggantikan Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

2. Wakasad Mayjen TNI Agus Subiyanto
Mayjen Agus dipromosikan dari Pangdam III/Siliwangi sebagai Wakasad, menggantikan Letjen TNI Bakti Agus Fajari yang dimutasi sebagai Danjen Akademi TNI.

3. Pangkostrad Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.
Mayjen Maruli dipromosikan dari Pangdam IX Udayana sebagai Pangkostrad menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Dudung sebelumnya telah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai KSAD.

4. Dankodiklatad Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.
Mayjen Yogo dipromosikan dari Pangdam XVII/Cenderawasih menjadi Dankodiklatad menggantikan Letjen TNI AM Putranto yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

5. Dankodiklatal Mayjen TNI (Mar) Suhartono
Mayjen Suhartono dipromosikan dari Dankormar sebagai Dankodiklatal menggantikan Laksdya TNI Nurhidayat yang dirotasi sebagai Danpushidrosal.

6. Kodiklatau Marsda TNI Nanang Santoso.
Marsda Nanang dipromosikan dari Gubernur AAU menjadi Kodiklatau menggantikan Marsdya TNI Tatang Harlyansah yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).



Adapun 4 jabatan bintang 3 lainnya yakni:

7. Danjen Akademi TNI Letjen TNI Bakti Agus Fajari.
8. Pangkoarmada Laksdya TNI Agung Prasetiawan.
9. Dan Pushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat.
10. Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan Martono.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)