Ini Makna di Balik Logo Baru Kementerian Pertahanan

Jum'at, 21 Januari 2022 - 16:15 WIB
loading...
Ini Makna di Balik Logo Baru Kementerian Pertahanan
Logo baru Kementerian Pertahanan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah memperkenalkan logo baru Kementerian Pertahanan ( Kemhan ). Logo baru itu diperkenalkan langsung oleh Prabowo di hadapan petinggi Kemhan dan jajarannya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf dari tiga matra, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rapim Kemhan 2022 pada Kamis (20/1/2022).

Juru Bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak pun membeberkan makna dan alasannya. "Logo lama digunakan dan ditetapkan sejak tahun 2005 oleh Menteri Pertahanan saat itu dijabat oleh Prof Dr Juwono Sudarsono. Dan secara resmi diumumkan perubahan logo oleh Menteri Pertahanan RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto pada Rapim tanggal 20 Januari 2022 kemarin," kata Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Dia pun mendeskripsikan mengenai logo baru tersebut. Logo Kemhan terbaru ini berbentuk bulat melingkar yang berwarna emas, dengan warna dasar merah tua serta di dalamnya terdapat gambar Garuda Pancasila dan dilingkari rantai emas.





Kata Dahnil, logo tersebut melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa dan tumpah darah Indonesia. "Melambangkan pertahanan negara yang kuat dan tangguh dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia yang dilandasi oleh persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk mempertahankan kejayaan NKRI," ujar Dahnil.

Dahnil menjelaskan alasan perubahan logo ini tujuannya untuk penyegaran, dan logo baru ini juga memiliki makna semangat pertahanan yang lebih kuat dan tangguh. "(Alasannya) penyegaran saja, melambangkan semangat pertahanan yang lebih kuat dan lebih tangguh," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2659 seconds (0.1#10.140)