BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di 27 Provinsi Sepekan ke Depan

Senin, 17 Januari 2022 - 09:16 WIB
loading...
BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di 27 Provinsi Sepekan ke Depan
BMKG mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan per 17-22 Januari 2022, di sebagian besar wilayah Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) melaporkan analisis dinamika atmosfer terkini. BMKG mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan per 17-22 Januari 2022, di sebagian besar wilayah Indonesia.

Baca juga: BMKG Prediksi Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengatakan, kondisi tersebut dipicu peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia.

Baca juga: BMKG Ungkap Amukkan Gunung Berapi Bawah Laut Tonga Picu Tsunami di 4 Negara

Kemudian, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah, pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.





"Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan," kata Guswanto dalam keterangan resminya, Senin (17/1/2022).

BMKG pun memberikan peringatan dini, terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi. Potensi hujan sedang- lebat diprediksi terjadi di wilayah berikut:

1. Sumatera Barat
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1664 seconds (10.177#12.26)