BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di 27 Provinsi Sepekan ke Depan

Senin, 17 Januari 2022 - 09:16 WIB
loading...
BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem di 27 Provinsi Sepekan ke Depan
BMKG mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan per 17-22 Januari 2022, di sebagian besar wilayah Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) melaporkan analisis dinamika atmosfer terkini. BMKG mengidentifikasi potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan per 17-22 Januari 2022, di sebagian besar wilayah Indonesia.



Kemudian, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah, pola tekanan tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.



"Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan," kata Guswanto dalam keterangan resminya, Senin (17/1/2022).

BMKG pun memberikan peringatan dini, terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi. Potensi hujan sedang- lebat diprediksi terjadi di wilayah berikut:

1. Sumatera Barat

2. Bengkulu

3. Kep Bangka Belitung

4. Sumatera Selatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)